Di Tengah Wabah Covid-19, Norovirus Kembali Menyerang

Di Tengah Wabah Covid-19, Norovirus Kembali Menyerang

TIONGKOK - Adalah norovirus yang dilaporkan tengah melanda Tiongkok. Sejumlah mahasiswa Universitas Keuangan dan Ekonomi Shanxi di Taiyuan mengalami gejala muntah, diare, dan demam.

Norovirus bukan merupakan virus baru. Virus yang sebelumnya disebut virus Norwalk atau Norwal telah menyebabkan wabah gastroenteritis di sebuah sekolah di Norwalk, Amerika Serikat, pada 1968.

Melansir situs Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, CDC, norovirus merupakan bagian dari keluarga Caliciviridae. Norovirus adalah sekelompok virus RNA (Ribonucleic acid) untai tunggal yang tidak terbungkus, yang terutama menyebabkan gastroenteritis akut (radang lambung dan atau usus).

Baca Juga: Sejumlah Mahasiswa di Cirebon Mengaku Diteror Usai Demo Omnibus Law, Begini Tanggapan Kapolres

Virus ini diklasifikasikan menjadi sepuluh genogroup (GI-GX) dan 48 genotipe. Varian dari genotipe GII.4 (seperti GII.4 Sydney, GII.4 New Orleans, hingga GII.4 Hong Kong.

Virus ini penyebab paling umum dari gastroenteritis akut yang setiap tahun menyebabkan sekitar 685 juta kasus. Sekitar 200 juta kasus terlihat di antara anak-anak di bawah usia 5 tahun, yang menyebabkan sekitar 50.000 kematian anak per tahun, kebanyakan di negara berkembang.

Metode diagnostik untuk fokus norovirus menggunakan pendeteksian RNA virus (materi genetik) atau antigen virus. Seperti virus corna, real-time polymerase chain reaction (RT-qPCR) digunakan untuk mendeteksi norovirus karena sangat sensitif dan spesifik.

Baru-baru ini, beberapa platform komersial untuk mendeteksi beberapa patogen gastrointestinal telah tersedia. Mereka termasuk genogroup I dan genogroup II norovirus. Sensitivitas tes ini berada dalam kisaran yang sama dengan RT-qPCR.

Melansir Web MD, norovirus dapat menyerang sepanjang tahun, lebih sering terjadi pada musim dingin.

Gejala khas orang yang terinfeksi norovirus adalah mual, muntah (lebih sering pada anak-anak), diare berair (lebih sering pada orang dewasa), dan kram perut. (yud/cnn)

Tonton video berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=4cF347WSWto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: