Long Weekend, Truk Barang Dilarang Melintas

Long Weekend, Truk Barang Dilarang Melintas

“Kami juga telah melakukan pelebaran lajur di Km 48 yang merupakan pertemuan ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah dengan Jakarta-Cikampek Elevated. Pelebaran lajur dilakukan di kedua sisi, baik arah Jakarta maupun arah Cikampek. Diharapkan pelebaran ini mengurangi kepadatan titik pertemuan kendaraan dua ruas jalan tol tersebut,” ungkapnya.

Ditegaskannya, pihaknya juga menyiagakan sarana prasarana dan penempatan petugas untuk rekayasa lalu lintas pada titik-titik rawan kemacetan, berkoordinasi dengan kepolisian dan dinas perhubungan untuk melakukan rekayasa lalu lintas dan penyekatan kendaraan barang.

“Kami juga memastikan keberfungsian CCTV, variable message sign (VMS), VMS mobile, remote traffic microwave sensor (RTMS) dan radio komunikasi untuk memonitor kondisi lalu lintas dan percepatan informasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan pihaknya menggelar Operasi Zebra sebagai bentuk pengamanan libur panjang Maulid Nabi. Namun, selain keamanan operasi ini juga akan memantau penerapan protokol kesehatan pengguna jalan.

“Operasi Zebra ini sifatnya simpatik, persuasif dan humanis. Lebih mengedepankan tindakan-tindakan yang membangun kesadaran masyarakat supaya patuh terhadap protokol COVID-19,” katanya.

Dikatakannya, para petugas Operasi Zebra akan mengingatkan kepada para pengguna jalan dan penumpang agar senantiasa menaati protokol kesehatan di jalan.

“Untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 pada pengguna jalan, pengguna kendaraan pribadi, kendaraan umum maupun penumpang kapal ini harus kami warning, wanti-wanti dari awal mereka harus disiplin patuh terhadap protokol COVID-19. Jangan sampai liburan panjang ini menjadi masalah baru tentang penyebaran COVID-19. Kami kerja keras untuk mengingatkan pada pengguna jalan bahwa keselamatan adalah nomor satu buat rakyat. Oleh karena itu petugas mengingatkan pengguna jalan, penumpang agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Operasi Zebra 2020 sebanyak 160.916 personel gabungan dikerahkan. Rinciannya 94.170 personel Polri, 24.448 personel TNI dan unsur terkait 42.298 personel.

“Kami juga membangun 645 pos keamanan dan pos terpadu yang tersebar di jalur tol, rest area, jalur arteri, lokasi wisata, dan jalur alternatif ataupun tempat penyeberangan ASDP,” katanya. (gw/fin)

https://www.youtube.com/watch?v=trk76qFdbAU

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: