Dishub Kota Cirebon Bikin Jalur Khusus Pesepeda di Jalan Wahidin

Dishub Kota Cirebon Bikin Jalur Khusus Pesepeda di Jalan Wahidin

CIREBON - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon mengklaim adanya peningkatan pengguna sepeda pada masa pandemi Covid-19 ini.

Untuk mengurangi interaksi pesepeda dengan pengendara bermotor, Dishub Kota Cirebon membuat jalur khusus sepeda sementara (pop up bike lane) di sepanjang Jl DR Wahidin, Kota Cirebon, Senin (30/11).

Pantauan radarcirebon.com, Dishub Kota Cirebon melakukan pengecatan jalur sepeda dari arah Gunung Sari menuju Jl Slamet Riyadi (Krucuk) maupun arah sebaliknya.

Baca juga:

Tabrakan Beruntun Tol Cipali, 10 Orang Tewas

Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj Positif Covid-19, Begini Pesannya

Beraksi di Megu, Pelaku Jambret Takluk di Tangan Anggota Banser Plered

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Cirebon Andi Armawan ditemui radarcirebon.com di sela-sela pengecatan jalur sepeda menuturkan, pembuatan jalur sepeda untuk sementara di Jl DR Wahidin.

\"Sementara kami buat di Jl DR Wahidin dahulu. Nanti akan kami buat di ruas jalan lainnya di Kota Cirebon. Pembuatan jalur sepeda ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat dan salah satu bentuk upaya keselamatan berlalu lintas,\" tuturnya.

Selain sebagai upaya keselamatan, mantan Kasatpol PP Kota Cirebon ini menyebutkan, pengecatan tersebut juga merupakan persiapan peninjuan dari road safety action.

\"Kami buat jalur sepeda ini terkait adanya penilaian road safety partnership action yang akan meninjau langsung ke Kota Cirebon,\" sebutnya.

Dijelaskan Andi, pembuatan jalur sepeda menggunakan anggaran seadanya. Dishub berupaya bagaimana caranya membuat jalur sepeda dengan anggaran seadanya.

\"Pada tahun 2021 nanti, kami sesuaikan Permenhub No 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan. Jadi nanti kami buat jalurnya dengan warna khusus, yakni hijau. Untuk saat ini kami hanya bikin logonya saja dulu,\" jelasnya. (rdh)

https://youtu.be/Go9KRLKiDK4

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: