Habib Rizieq Dipanggil Polisi, Viral Azan Haya Alal Jihad, NU dan Muhammadiyah Minta Masyarakat Tak Terhasut

Habib Rizieq Dipanggil Polisi, Viral Azan Haya Alal Jihad, NU dan Muhammadiyah Minta Masyarakat Tak Terhasut

VIRAL video azan di media sosial bacaan \"Hayya alasshalat\" yang artinya mari menunaikan salat, diganti dengan \"Haya alal jihad\" yang artinya mari berjihad.

Dalam narasi di video tersebut tertulis seruan itu merupakan respons beberapa warga atas pemanggilan Habib Rizieq Shuhab oleh polisi terkait kasus kerumunan di Petamburan. 

Terkait hal itu, polisi pun segera turun tangan untuk mengecek ke lokasi perihal informasi tersebut.

\"Kalau kondisi alhamdulillah kondusif. Kami dari Polsek selalu memberikan imbauan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) melalui Bhabinkamtibmas bersama Babinsa kepada warga masyarakat,\" kata Kapolsek Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan.

Baca juga: Wawali Eti Sedih 3 Kepala Dinas di Lingkungan Pemkot Cirebon Positif Covid-19

Di sisi lain, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah meminta masyarakat tidak terprovokasi.

\"Jangan terpengaruh hasutan, apalagi terprovokasi. Agama jelas melarang keterpecahbelahan dan menyuruh kita bersatu dan mewujudkan perdamaian di tengah kehidupan masyarakat,\" kata Ketua Pengurus Tanfidziyah PBNU Robikin Emhas, dalam keterangannya.

Sementara itu, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu\'ti meminta aparat keamanan menelusuri sejumlah video yang beredar di masyarakat ini. Kementerian Agama juga harus meneliti hal itu.

\"Saya belum menemukan hadis yang menjadi dasar azan tersebut. Saya juga tidak tahu apa tujuan mengumandangkan azan dengan bacaan \'hayya alal jihad\',\" katanya. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: