Pandemi Tetap Gelar Bakti Sosial KB MKJP

Pandemi Tetap Gelar Bakti Sosial KB MKJP

CIREBON- Bertempat di Puskesmas Mundu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon (30/11) kemarin,  diadakan pelayanan IVA Tes dan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) mengisi kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tahun 2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut dari unsur TP PKK Kecamatan Mundu, Sekmat Mundu Hendi Syahbudin MSi, Kepala Puskesmas Mundu dr. Asep Aries Sudrajat,  Kepala Bidang KB KR DPPKBP3A Kabupaten Cirebon Drs Kustriyanto beserta jajaran serta  undangan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan UPTD P5A Kecamatan Mundu bekerja sama dengan Kepala Puskesmas Mundu dan TP PKK Kecamtan Mundu atas dukungan Camat Mundu.

Siti Sani SE. MM, selaku Kepala UPTD P5A Kecamatan Mundu mengatakan bakti sosial pelayanan IVA Tes dan KB MKJP di Kecamatan Mundu dapat dilaksanakan berkat dukungan camat dan kepala Puskesmas Mundu dan Pamengkang, serta respons positif dari TP PKK Kecamatan Mundu dalam upaya menyukseskan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tahun 2020 di Kecamatan Mundu.

“Dan,  tidak lepas dari dukungan para kuwu dan TP PKK Desa serta para kader di Kecamatan Mundu sehingga dapat menghasilkan peserta KB MKJP 50 akseptor dan 50 orang yang ikut IVA Tes,” katanya.

Kepala Puskesmas Mundu, dr Asep Aries Sudrajat mengatakan, pihaknya dari unsur dinas kesehatan akan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini, khususnya bagi masyarakat yang akan ikut KB dan IVA Tes.  Walaupun tetap disiplin dan patuh pada protokol kesehatan, karena harus waspada akan terjadi kehamilan yang tinggi di saat masyarakat harus banyak berdiam diri di rumah.

Kepala Bidang KB KR,  Kustriyanto menambahkan, walaupun dalam masa pandemi Covid-19 program pembangunan harus tetap berjalan, tidak boleh terhenti termasuk program KB. Apabila program KB berhenti, pelayanan KB terhenti akan terjadi droppout dan tentunya berdampak pada akan terjadi angka kehamilan yang tinggi.

Selain itu, kata dia kita juga harus memenuhi hak-hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan reproduksi seperti yang tertuang dalam 12 Hak Reproduksi Individu berdasarkan Kesepakatan ICPD (International Converence Population Development) tahun 1992 yang diselenggarakan di Kairo, di mana pemerintah kita ikut menandatangani kesepakatan tersebut.

“Bakti Sosial Pelayanan IVA Tes dan KB MKJP di Kecamatan Mundu antara lain bertujuan untuk memenuhi hak-hak reproduksi tersebut dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Dan, alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan sukses dan itu berkat kerjasama yang baik antara Ka UPTD P5A, kepala Puskesmas, Camat, TP PKK dan unsur-unsur lainnya di Kecamatan Mundu,” jelasnya. (opl/jun)

https://www.youtube.com/watch?v=IG6VQburUfc&t=479s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: