Matahari Buatan China, Bisa 10 Kali Lebih Panas dari yang Asli

Matahari Buatan China, Bisa 10 Kali Lebih Panas dari yang Asli

CHINA mengumumkan berhasil menuntaskan proyek matahari buatan yang diberi nama HL-2M Tokamak. Yang merupakan reaktor fusi nuklir.

Reaktor ini amat panas dan dijuluki matahari buatan. Sebab, mampu menghasilkan panas 10 kali dari matahari asli.

Mengutip People\'s Daily, HL-2M Tokamak dirancang meniru reaksi alami yang terjadi di bawah sinar matahari dengan menggunakan gas hidrogen dan deuterium sebagai bahan bakar.

Baca juga: Ngeri, Detik-detik Pantai Pesona Laut Indramayu Dihantam Gelombang

Menurut South China Morning Post (SMCP) yang melansir China National Nuclear Corporation (CNNC)HL-2M Tokamak menjadi cara terbaru China untuk mencapai target energi bersih. Reaktor nuklir ini sendiri kini berada di Chengdu, Provinsi Sinchuan.

\"\'Matahari buatan\' akan memberikan dukungan teknis utama untuk partisipasi China dalam proyek Reaktor Eksperimental Termonuklir Internasional dan bidang penelitian,\" kata ilmuan China Yang Qingwei, kepala pengembangan HL-2M Tokamak dikutip Minggu (6/12/2020).

Pengembangan ini disebut China bukan hanya cara untuk menyelesaikan kebutuhan energi strategis negeri itu tapi juga berdampak signifikansi besar untuk pengembangan energi dan ekonomi nasional China yang berkelanjutan di masa depan. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: