Partisipasi Pemilih Pilkada Indramayu di Jatibarang Tidak Sesuai Target

Partisipasi Pemilih Pilkada Indramayu di Jatibarang Tidak Sesuai Target

INDRAMAYU - Partisipasi pemilih dalam Pilkada Indramayu di Kecamatan Jatibarang meleset dari target. Dari 75,5 persen yang ditargetkan oleh PPK Jatibarang, warga yang menyalurkan hak pilihnya hanya 68,72 persen.

Kendati partisipasi pemilih masih di bawah target yang diinginkan, PPK Jatibarang puas dengan antusias warga Kecamatan Jatibarang yang memberikan hak pilihnya.

Ketua PPK Jatibarang Ikin Rosikin melalui Kadiv Prodat Daniyanto mengungkapkan, berdasarkan hasil pleno tingkat PPK dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kecamatan Jatibarang sebanyak 55.710 hak pilih, terdiri dari laki-laki 27.714, dan perempuan 27.996 hak pilih.

“Setelah diplenokan cukup antusias, meskipun tidak sesuai apa yang ditargetkan untuk warga yang menggunakan hak pilihnya. Setelah dilakukan pleno, pemilih laki-laki 18.597 atau 66,63 persen, pemilih perempuan 19.943 atau 70,80 persen. Jika ditotal 38.540 atau 68,72 persen warga yang menggunakan hak pilih,” bebernya.

Lebih lanjut, dikatakan Daniyanto, berdasarkan persentase itu menunjukkan bahwa antusias pemilih masih lebih baik, mengingat saat ini masih pandemi Covid-19.

“Sebenarnya, di masa sulit sekarang karena Covid-19, tidak menghalangi kita melakukan kegiatan sosialisasi ke masyarakat secara langsung dengan melibatkan stekeholder yang ada, kita sudah berusaha semaksimal mungkin agar target warga gunakan hak pilih tercapai, tetapi 68,72 baik,” ujarnya.

Pasca pelon di PPK, lanjut Daniyanto, kotak suara langsung bergeser ke KPUD Indramayu, sehingga kotak suara tidak terhenti, dan tahapan Pilkada lebib cepat.

“Sama seperti di KPPS, selesai langsung bawa ke PPS. Di PPS tidak ada pleno, langsung bergeser ke PPK, Jumat pagi sampai malam diplenokan. Begitu selesai malam Sabtu kotak suara langsung bergeser ke KPUD Indramayu, tentunya dengan pengewalan petugas kepolisian, TNI, dan Satpol PP,” ujarnya.

Dari hasil pleno di PPK Jatibarang yang disaksikan para saksi, panwascam, dan dijaga petugas keamana,  Paslon momor 1, M Sholihin-dr Hj Ratnawati memperoleh suara 11.597. Paslon nomor 2 Toto Sucartono-Deis Handika memperoleh dukungan sebanyak 3.724 suara. Paslon nomor 3 H Daniel Mutaqien S ST dan H Taufik Hidayat meraih 9.224 suara. Dan Paslon Nomor 4,  Nina Agustina SH-Lucky Hakim dapat 13.044 suara. (oni)

https://www.youtube.com/watch?v=i2FKb1kLh2A

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: