Refleksi Akhir Tahun, KPU Kabupaten Cirebon Evaluasi Kinerja

Refleksi Akhir Tahun, KPU Kabupaten Cirebon Evaluasi Kinerja

KUNINGAN - Komisioner KPU Kabupaten Cirebon menggelar rapat evaluasi dan refleksi kinerja akhir tahun di kawasan wisata Vila Kampung Gunung, Desa Gunung Keling, Kecamatan Cigugur, Jumat (11/12).

Acara tahunan komisioner KPU tersebut menghadirkan pembicara Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Muhammad Luthfi dan Kepala Badan Kesbangpol Iwan Ridwan Hardiawan.

Acara bertajuk \"Evaluasi, Refleksi 2020 dan Outlook 2021 KPU Cirebon Katon\" tersebut diikuti warga KPU meliputi seluruh komisioner dan sekretariat yang berjumlah 23 orang. Tampak hadir di acara tersebut Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Fauzi.

Dalam paparannya Ketua KPU Kabupaten Cirebon Dr Sopidi MA, kegiatan KPU di akhir tahun 2020 ini dalam rangka evaluasi dan mengukur kinerja selama satu tahun berjalan.

Seluruh warga KPU diajak untuk memaknai, mencari kendala dan hambatan apa termasuk keunggulan yang diperoleh untuk kemudian diletakkan dalam rapat pencapaian yang lebih tinggi untuk tahun 2021.

\"Kita buat acara ini di Kuningan dengan konsep yang santai namun tetap mengedepankan substansi agar tidak terlalu terkesan formal. Sehingga keluarga besar KPU Kabupaten Cirebon bisa menemukan permasalahan dan persoalan sekaligus alternatif solusi ke depan,\" ujar Sopidi kepada Radar.

Oleh karena itu, kata Sopidi, kegiatan ini pun digelar dengan menggandeng stakeholder yakni Bupati Cirebon yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol dan Ketua DPRD untuk bersama-sama menemukan akar permasalahan untuk kemudian menentukan langkah-langkah ke depan.

\"Sebagai bahan perenungan sekaligus mencari formula-formula terbaik untuk tahun 2021, yang endingnya harapan kita pada saat memasuki tahapan pemilihan tahun 2023 dan 2024 kita sudah dalam kondisi sudah siap,\" ujarnya.

Kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut, lanjut Sopidi, diisi dengan penyampaian laporan kinerja dari semua bagian di KPU. Mereka akan memaparkan Tupoksinya apa, kendala-kendalanya dan solusi yang sudah dilakukan serta harapan ke depan 2021 seperti apa.

\"Acara ini diikuti oleh 23 peserta terdiri dari lima komisioner KPU berikut sekretariat. Semuanya akan membuat catatan selama kinerja setahun kemarin untuk kemudian dipresentasikan,\" ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Muhammad Luthfi menyampaikan apresiasi atas kegiatan KPU tersebut. Menurutnya, dari kegiatan ini diharapkan memberi dampak positif terhadap iklim demokrasi dan politik di Kabupaten Cirebon.

\"Kita mendorong KPU punya inovasi dan rencana-rencana panjang yang lebih fokus pada peningkatan kualitas demokrasi dan politik di Kabupaten Cirebon. Salah satunya melalui pengajaran politik masyarakat. Dengan baiknya kualitas demokrasi dan politik maka pembangunan di Kabupaten Cirebon akan lebih mudah lagi untuk ditingkatkan, serasi dan pada ujungnya kesejahteraan masyarakat akan menjadi sebuah keniscayaan,\" paparnya.

Dalam kesempatan itu, Luthfi pun menyampaikan beberapa saran dan kritik untuk KPU Kabupaten Cirebon. Di antaranya terkait sarana dan prasarana serta perekrutan anggota PPK dan PPS.

Senada diungkapkan Kepala Bakesbangpol Kabupaten Cirebon Iwan Ridwan Hardiawan. Menurutnya, dari kegiatan ini diharapkan bisa semakin meningkatkan sinergitas antara KPU dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk mewujudkan kualitas demokrasi pada Pemilu mendatang lebih baik lagi. (fik)

https://www.youtube.com/watch?v=i2FKb1kLh2A

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: