Inkoppol Komitmen untuk Sejahterakan Nelayan

Inkoppol Komitmen untuk Sejahterakan Nelayan

INDRAMAYU-Induk Koperasi Kepolisian (Inkoppol) menggandeng Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) membantu untuk meningkatkan perekonomian para nelayan Karangsong Indramayu.

Kolaborasi keduanya diwujudkan dalam bentuk pendatanganan kerja sama di Rumah Makan Saung Song, Sabtu (19/12), dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Perwakilan dari Divisi Perdagangan dan Pergudangan Inkoppol RI Anon Trikoranto mengatakan, kegiatan kerja sama ini dalam rangka mewujudkan Kamtibmas yang mantap dan meningkatkan kesejahteraan nelayan di Karangsong Kabupaten Indramayu.

“Kunjungan kita ini selain sosialisasi Inkoppol RI juga kita ingin membantu masyarakat nelayan Karangsong Indramayu dalam bidang perdagangan dan pergudangan. Inkoppol dan Serikat Nelayan NU akan membantu para nelayan di Karangsong Indramayu. Apabila ada kekurangan BBM maupun yang lainnya kami akan membantu para nelayan. Perlu diketahui, kami dari Inkoppol sudah ekspor lobster, ikan, dan bawang putih,” jelas Anon Trikoranto.

Setelah melihat kompleks TPI Karangsong Indramayu, Anon tertarik dengan potensi yang ada. Ratusan hingga ribuan kapal besar di TPI Karangsong menghasilkan ikan hingga ratusan ton.

Diakuinya, setelah berdiskusi dengan para pengusaha pemilik kapal dan para nelayan yang hadir tadi, dirinya akan mencoba dengan SNNU menjembatani ekspor hasil tangkapan nelayan ke luar negeri. Supaya harganya bersaing dan lebih kompetitif. “Tentunya akan menguntungkan para pengusaha dan nelayan Karangsong,” katanya.

Tapi, pihaknya akan mencoba memperbaiki fasilitas dan infrastruktur di TPI untuk bongkar muat hasil tangkapan untuk 1 kapal bisa mencapai 2 atau 3 hari saja.

“Nanti kita libatkan juga Pemda Indramayu, Polres Indramayu, Danramil, serta para pengusaha agar bahu membahu berinvestasi menanam modalnya demi membesarkan TPI Karangsong Indramayu,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) H Witjaksono mengungkapkan, kunjungan ke Indramayu merupakan agenda besar dari program SNNU.

“Kami bekerjasama dengan Inkoppol terkait dua hal, yang pertama bertujuan meningkatkan taraf perekonomian untuk kesejahteraan para nelayan dan yang kedua dari segi pengamanan sosial di TPI Karangsong Indramayu,” tuturnya.

Diungkapkan Witjaksono, SNNU sudah membentuk 27 cabang provinsi dan 355 kabupaten di seluruh Indonesia.

“Kami akan membantu masyarakat khususnya para nelayan, apa yang dibutuhkan nanti kita akan bantu. SNNU dan Inkoppol RI akan berkolaborasi. Misalnya tentang surat yang bermasalah dan perizinan akan kita bantu selesaikan. Tapi, harus sesuai dengan aturan yang berlaku, tidak boleh menyimpang. Seperti jualan miras dan narkoba di kapal, serta prostitusi. Itu jelas nanti kita yang akan tindak,” jelasnya.

Pantauan di lapangan, dalam penandatangan kerjasama itu turut dihadiri Kompol I Ketut Sumadana Kabagrem Polres Indramayu mewakili Kapolres Indramayu, Kadis Diskoperindag Trisna Hendarin mewakili Plt Bupati Indramayu, Sekretaris SNNU wilayah Jawa Barat H Ahmad Fauzan, Pengusaha dan Investor Mustofa, pengusaha Pemilik Kapal di TPI Karangsong H Sirajudin, Pengusaha Muda SNNU H Robani serta 80 perwakiIan nelayan di wilayah TPI Karangsong Indramayu. (jml)

https://www.youtube.com/watch?v=ov4wZCaVc4c

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: