Polresta Cirebon Kerahkan 765 Personel untuk Pengamanan Perayaan Nataru

Polresta Cirebon Kerahkan 765 Personel untuk Pengamanan Perayaan Nataru

CIREBON - Seperti tahun-tahun sebelumnya, Polresta Cirebon menggelar Operasi Lilin Lodaya 2020 jelang tutup tahun di Mapolresta Cirebon, Senin (21/12).

Sebanyak 765 personel Polresta Cirebon dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dalam pengamanan Nataru operasi lilin tersebut, Polresta Cirebon juga mendapat bantuan personel dari TNI, Satpol PP, Dishub, Basarnas, BPBD, Dinas Damkar, Dinkes dan instansi terkait lainnya.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi mengatakan, pengamanan operasi lilin tersebut tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa. Sehingga cenderung menyederhanakan dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat.

\"Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19. Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman terorisme
dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran
antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan,\" ujarnya membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol Idham Azis saat menjadi inspektur apel gelar pasukan.

Kombes Pol M Syahduddi menuturkan, Operasi Lilin 2020 akan dilaksanakan selama 15 hari. Mulai dari 21 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021.

\"Operasi Lilin 2020 ini harus dengan mengedepankan kegiatan persuasif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,\" tuturnya.

Pantauan radarcirebon.com, hadir dalam apel gelar pasukan Operasi Lilin Lodaya tersebut Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, dan unsur Forkopimda Kabupaten Cirebon. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: