Persiapan Pengurus Gereja Jelang Natal di Tengah Pandemi Covid-19

Persiapan Pengurus Gereja Jelang Natal di Tengah Pandemi Covid-19

CIREBON - Jelang perayaan Natal 2020, sejumlah persiapan dilakukan pengurus gereja yang ada di Kota Cirebon.

Salah satunya adalah di Gereja Katolik Santo Yusuf Jl Yos Sudarso, Kota Cirebon.

Pantauan radarcirebon.com, dalam menyambut Hari Natal, pengurus dan panitia Natal di Gereja Katolik Santo Yusuf menerapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Bahkan, pihak gereja juga membatasi jemaat yang akan merayakan Natal.

Untuk memastikan kesiapan protokol kesehatan, petugas gabungan dari Satpol PP, TNI, dan Polri melakukan peninjauan ke seluruh gereja yang ada di Kota Cirebon. Salah satunya adalah Gereja Katolik Santo Yusuf, Rabu (23/12).

\"Hasil peninjauan kami, seluruh gereja di Kota Cirebon sudah menerapkan protokol kesehatan. Dan kami mengimbau kepada seluruh gereja untuk membatasi jumlah Jamaat yang akan hadir ke gereja sebanyak 50% dan melarang lansia juga anak-anak untuk hadir dalam perayaan Natal di gereja. Mereka yang tidak bisa hadir cukup beribadat melalui virtual,\" kata Kepala Satpol PP Edi Siswoyo kepada radarcirebon.com di sela-sela peninjauan, Rabu (23/12).

Sementara itu, Pastur Yulius Hirnawan, selaku Pastur Kepala Gereja Katolik Santo Yusuf Cirebon mengatakan, dalam perayaan Natal para jemaat diwajibkan menjalani proses protokol kesehatan.

\"Ya kami sengaja membuat 6 zona untuk bisa masuk ke dalam gereja. Zona tersebut dibuat guna memperketat protokol kesehatan mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, menyekat tempat duduk jemaat hingga menunjukkan surat keterangan hasil swab atau rapid tes bagi jemaat dari luar Kota Cirebon,\" katanya.

Persiapan lainnya, pemuda umat Katolik Gereja Santo Yusuf membuat pohon natal terbuat kerajinan tangan origami dari bahan plastik. Pohon Natal tersebut dipajang di depan Gereja Santo Yusuf. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: