Bantu Atasi Daerah Langganan Banjir, Dewa Turun Langsung dan Dorong BBWSCC Perbaiki Sungai

Bantu Atasi Daerah Langganan Banjir, Dewa Turun Langsung dan Dorong BBWSCC Perbaiki Sungai

SEBAGAI wakil rakyat, Anggota DPR RI dari Fraksi PKB H Dedi Wahidi tidak tinggal diam melihat Kabupaten Cirebon menjadi langganan banjir setiap tahun.

Dedi turun langsung mengecek berbagai lokasi dan turut serta membawa BBWS Cimanuk Cisanggarung untuk bisa mendorong segera dilakukan perbaikan sungai penyebab banjir.

Ada banyak titik yang ditinjau langsung oleh Dedi Wahidi. Dari mulai Desa Wanakaya Kecamatan Gunungjati, Desa Grogol dan Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Desa Dawuan Kecamatan Tengahtani. Desa Japura Bakti Kecamatan Asjap, Desa Tuk Karangsuwung Kecamatan Lemahabang, hingga Desa Gunungsari serta Mekarsari Kecamatan Waled.

Kemudian Desa Babakan Losari, Desa Kalibuntu serta Desa Silih Aih dan Desa Tersana Kecamatan Pabedilan. Desa-desa tersebut merupakan Desa yang menjadi langganan banjir yang disebabkan oleh luapan air sungai.

Anggota Komisi V DPR RI, H Dedi Wahidi mengatakan, pihaknya ingin langsung meninjau masyarakat yang terdampak banjir di Kabupaten Cirebon.

“Saya memang datang langsung dari Jakarta untuk melihat dan meninjau masyarakat yang terdampak banjir,” ujar pria yang akrab dengan panggilan Dewa ini.

Dedi mengatakan, penyebab banjir memang disebabkan luapan sungai imbas dari sungai yang sudah mulai dangkal dan menyempit. “Kalau kita lihat hasil peninjauan langsung, memang kondisi sungai yang dangkal dan juga menyempit menjadi salah satu faktor air sungai meluap,” ujarnya.

Menurut pria kelahiran Kaplongan ini, penyelesaian banjir di Kabupaten Cirebon perlu dilakukan secara komprehensif, yang melibatkan dua pemerintah daerah yaitu Kabupaten Cirebon dan Kuningan.

“Karena kebanjiran di beberapa tempat yang menjadi langganan banjir berkaitan langsung dengan kondisi di wilayah Kuningan. Hujan kecil pun kalau di Kuningannya hujan besar, di daerah tersebut akan berpotensi banjir,” jelasnya.

Sebagai komisi yang langsung bermitra dengan Kementerian PUPR, Dedi akan memperjuangkan agar sungai-sungai di Kabupaten Cirebon yang menjadi penyebab banjir bisa segera dilakukan perbaikan atau normalisasi oleh BBWSCC.

“Tentu kita akan perjuangkan dan dorong agar BBWS ini bisa segera menangani dengan melakukan perbaikan sungai yang mengalami pendangkalan dan penyempitan yang menyebabkan menjadi langganan banjir,” ungkapnya.

Dedi menginginkan, agar Kabupaten Cirebon bisa terbebas dari banjir. Sehingga masyarakat menjadi nyaman dan tenang.

“Kita akan perjuangkan agar masyarakat bisa terbebas dari banjir. Langganan banjir membuat masyarakat trauma dan resah. Kita ingin Kabupaten Cirebon bebas banjir,” ujarnya.

Kabid Operasi dan Pemeliharaan BBWS Cimanuk Cisanggarung, Abdul Goni kepada Radar mengatakan, pihaknya akan mengupayakan untuk melakukan normalisasi. Namun berhasil atau tidaknya normalisasi juga menurut Goni, bergantung kepada bantuan dari pemerintahan desa untuk menyediakan akses jalan bagi kendaraan berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: