Penyelesaian Masalah PMKS Perlu Campur Tangan Banyak Pihak

Penyelesaian Masalah PMKS Perlu Campur Tangan Banyak Pihak

CIREBON - Pembinaan anak jalanan atau anak penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) butuh keterlibatan banyak pihak, agar upaya penanggulangnya bisa berjalan maksimal. Hal tersebut disampaikan Kabid Tibum Tranmas Satpol PP Kabupaten Cirebon, Dadang Priyono saat ditemui Radar, kemarin.

Menurutnya, pihak Satpol PP seringkali menerima laporan keneradaan anak-anak ataupun orang dewasa penyandang PMKS yang meresahkan warga atau pengguna jalan. Namun persoalannya saat sudah diamankan, Satpol PP hanya bisa melakukan pembinaan secara umum karena secara khusus ada dinas lain untuk pembinaannya.

BACA JUGABelakang Gedung Korpri Kota Cirebon Bakal Dibangun Shelter bagi PMKS

\"Kita bisa saja razia setiap hari, tapi kan persoalannya anggaran untuk pembinaan dan pelatihan yang ada di dinas lain terbatas dan tidak bisa sepanjang waktu,\" ujarnya.

Kondisi itulah yang akhirnya membuat penanganan para PMKS harus segera dicarikan solusi dengan para pemangku kebijakan sehingga persoalan ini bosa tuntas diselesaikan. \"Formulanya harus dibicarakan dengan banyak pihak agar tuntas dan selesai,\" imbuhnya.

Persoalan lainnya kata Dadang, Cirebon berada di jalur pantura yang merupakan wilayah lintasan, sehingga banyak PMKS yang berasal dari luar Cirebon datang ke Cirebon. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: