10.075 Pasien Sembuh Covid-19 di Wilayah 3 Cirebon, Tapi Plasma Konvalesen Kritis, Ayo yang Sudah Sembuh Donor

10.075 Pasien Sembuh Covid-19 di Wilayah 3 Cirebon, Tapi Plasma Konvalesen Kritis, Ayo yang Sudah Sembuh Donor

CIREBON - Pasien sembuh covid 19 di wilayah 3 Cirebon telah mencapai 10.075. Namun, saat ini masih terdapat 2.288 pasien yang menjalani perawatan dengan berbagai tingkatan baik tanpa gejala hingga berat. Sayangnya, ketersediaan terapi plasma konvalesen dalam kondisi kritis.

Informasi yang dihimpun Radar Cirebon, di PMI Kabupaten Cirebon ketersediaan plasma konvalesen sudah sangat menipis. Kondisi ini berbanding terbalik dengan jumlah pasien covid-19 yang sudah sembuh.

Baca Juga: Covid-19 Kabupaten Cirebon Tambah 37 Kasus Baru, Stok Plasma Kritis, Ayo yang Sudah Sembuh Ikut Donor

Berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 dari masing-masing daerah, jumlah pasien sembuh untuk Kabupaten Kuningan 2.010, Majalengka 974, Kabupaten Cirebon 3.540, Kabupaten Indramayu 1.480 dan Kota Cirebon 2.071.

Baca Juga: Ada BLT Rp3 Juta untuk Bumil dan Balita, Ini Dia Persyaratannya

Sedangkan jumlah pasien dalam perawatan Kota Cirebon 355, Kabupaten Indramayu 665, Kabupaten Cirebon 710, Kabupaten Kuningan 366, Kabupaten Majalengka 192.

Saat ini, banyak warga yang tengah berusaha mencari donor untuk plasma konvalesen. Termasuk bertanya ke Radar Cirebon. Seiring sulitnya mencari stok darah untuk terapi pasien covid 19 dengan gejala berat.\\

Di tengah kondisi ini, penambahan kasus covid-19 di Kabupaten Cirebon juga masih tinggi. Hari ini, Jumat 15 Januari 2021, terjadi penambahan 37 kasus baru terkonfirmasi positif.

Baca Juga: Waduh, Hari Ini Kasus Covid-19 Kota Cirebon Nambah 45

\"Assalamualaikum Wr WB, dibutuhkan plasma konvalesen untuk pasien covid-19 di ICU RS Permata,\" demikian status media sosial di Instagram.

Kebutuhan plasma konvalesen memang sedang tinggi-tingginya seiring dengan banyaknya pasien terkonfirmasi positif covid-19 dengan komorbid dan mengalami perburukan.

Informasi yang dihimpun, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon juga kesulitan untuk mengakses pasien yang dapat menjadi donor plasma. Banyak warga yang telah sembuh covid-19, namun tidak ikut mendonorkan darahnya.

Baca Juga: Nyabu di Kontrakan, Vokalis Band Ditangkap Polisi di Bandung

Layanan terapi plasma konvalesen sendiri dapat diakses di PMI Kabupaten Cirebon. Baik pendonor maupun warga yang membutuhkan dapat menghubungi. Namun, ketersediannya sangat menipis. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: