Kota Cirebon Kini Miliki Museum Bahari Sarwajala, Perjuangan TNI AL

Kota Cirebon Kini Miliki Museum Bahari Sarwajala, Perjuangan TNI AL

CIREBON - Masyarakat khususnya di Kota Cirebon patut berbangga. Pasalnya, kini Kota Cirebon memiliki museum sejarah perjuangan TNI Angkatan Laut.

Museum yang dibuat oleh Pangkalan TNI AL (Lanal) Cirebon tersebut bernama Museum Bahari Sarwajala. Museum yang berada di kawasan Cirebon Waterland Ade Irma Suryani tersebut diresmikan langsung oleh Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, Rabu (20/1).

Selain museum, di lokasi tersebut juga diresmikan monumen KRI Gadjah Mada 408 dan Patung pahlawan Kapten Samadikun.

\"Latar belakang hadirnya Museum Bahari Sarwajala ini karena melihat banyaknya sejarah Sarwajala atau Prajurit Laut di Kota Cirebon. Kita sebagai Sarwajala modern Prajurit TNI Angkatan Laut pengin menghargai jasa para pahlawan. Karena, orang yang bisa menghargai jasa pahlawan adalah bangsa yang besar,” ujar Komandan Lanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhadi ditemui usai peresmian, Rabu (20/1).

Diungkapkan Danlanal, Museum Bahari Sarwajala jangan dibandingkan dengan museum bahari yang ada di luar negeri

\"Jadi jangan dibandingkan dengan museum lainnya yang sudah ada. Museum ini merupakan langkah kecil untuk ke depannya lebih maju. Dan ini adalah salah satu kontribusi kami Sarwajala modern kepada masyarakat Cirebon,” ungkapnya.

Letkol Laut (P) Afif Yuhadi menjelaskan, terdapat foto-foto maupun sejarah singkat mulai berdirinya Cirebon dan sejarah perjuangan Kapten Samadikun.

“Untuk masuk ke museum sementara masih gratis untuk masyarakat. Karena masuk dalam kawasan wisata dan perlu perawatan tiket masuk akan dibicarakan dengan pengelolaan Cirebon Waterland Ade Irma Suryani,\" jelasnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis menuturkan, museum ini bisa menjadi dijadikan destinasi wisata bahari di Kota Cirebon dan membangkitkan gairah pariwisata Kota Cirebon.

\"Di massa pandemi Covid-19 ini dunia usaha dan pariwisata sedang terpuruk, muncul ide yang luar biasa dari Danlanal Cirebon dengan membuat sebuah museum bahari. Tentunya terobosan ini akan membawa dampak positif bagi dunia pariwisata di Kota Cirebon. Jadi, Pemkot Cirebon sangat bangga dan merespons positif museum bahari ini,\" tuturnya.

Wali Kota meminta Pemkot Cirebon dan pengusaha kepariwisataan untuk merespons adanya museum ini.

\"Jadi saya minta untuk dipelihara hingga keberadaan museum ini tidak sia-sia dibangun. Museum ini menjadi magnet, jangan sampai museumnya malah dipindah,\" pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: