Ada Jangkar Kapal Kuno Berukuran Besar Berusia Ratusan Tahun di Wihara Welas Asih

Ada Jangkar Kapal Kuno Berukuran Besar Berusia Ratusan Tahun di Wihara Welas Asih

CIREBON - Jika berkunjung ke Wihara Dewi Welas Asih Kota Cirebon, maka akan menjumpai sebuah jangkar kapal kuno berukuran besar yang berusia ratusan tahun.

Jangkar kuno ini tersimpan dan masih terawat di Wihara Dewi Welas Asih. Meski belum ada data autentik sejarahnya, namun diperkirakan jangkar tersebut digunakan pada masa Sam Poo Kong atau Dampo Awang atau juga Laksamana Cheng Ho.

\"Jangkar ini tingginya sekitar 4 meter. Awalnya jangkar ini besar, namun kar faktor cuaca, kini kondisinya sudah ada pengeroposan besi, makanya kami rawat dengan mengoleskan minyak,\" ujar Ang Kim Efendi selaku Biokong Wihara Dewi Welas Asih ditemui radarcirebon.com.

Diceritakan Ang Kim, menurut perkiraan dan analisis bahwa jangkar ini digunakan kapal tokoh Tionghoa yang singgah ke perairan Cirebon.

\"Menurut cerita, pada masa Sam Poo Kong armada kapal dari Tiongkok mendarat di wilayah eretan membawa putri Ong Tien bersama kedua pengawalnya yakni Sam Poo Kong dan Sam Che Kong yang merupakan seorang muslim. Kemudian Sam Poo Kong melanjutkan berlayarnya menuju Semarang. Sedangkan Sam Che Kong diangkat menjadi bendahara pertama di Kesultanan Kasepuhan Cirebon dan bergelar Tumenggung Arya Wicula,\" paparnya.

Menurut Ang Kim, jangkar kuno bersejarah tersebut sudah masuk benda cagar budaya yang dilindungi negara.

\"Ya diharapkan data sejarah yang autentik mengenai jangkar kapal yang ada di Wihara Dewi Welas Asih ini bisa ditemukan, agar menjadi referensi cagar budaya yang patut dijaga,\" pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: