Curah Hujan Tinggi, Masyarakat Diminta Waspada

Curah Hujan Tinggi, Masyarakat Diminta Waspada

CIREBON – Curah hujan dalam dua hari terakhir tinggi. Intensitas hujan dan kecepatan angin meningkat. Masyarakat Kabupaten Cirebon diminta waspada. Pasalnya dalam dua hari terakhir, curah hujan diperkirakan masih tinggi.

Prakirawan BMKG Jatiwangi, Ahmad Faa Izyn kepada Radar mengatakan berdasarkan analisi kondisi dinamika atmosfer saat ini terdapat daerah pertemuan massa udara (konvergensi) diwilayah Jawa Barat, termasuk wilayah Ciayumajakuning sehingga penumpukan massa udara menyebabkan peningkatan terbentuknya awan-awan hujan yang  didukung kelembaban yang cukup tinggi dilapisan atas serta suhu muka laut yang hangat.

BACA JUGA:Arus Sungai Deras, Tanggul di Kalijaga Bergeser

“Kondisi tersebutmenyebabkan cura hujan tinggi atau hujan dengan intensitas ringan dan lebat dengan durasi lama yang terkadang bisa disertai dengan angina kencang diwilayah Ciayumajakuning,”ujarnya.

Menurutnya, masyarakat dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap dampak yang bisa ditimbulkan seperti genangan, jalan licin, banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan lain-lainnya.

“Kondisi ini diperkirakan terjadi selama dua hari mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon Dr Alex Suhaeriyawan MPd mengatakan ada peningkatan intensitas curah hujan pada Februari. Bulan ini diperkirakan menjadi puncak musim hujan.

“Masyarakat kita imbau untuk waspada, tim kami dari BPBD juga selalu waspada dan mengantisipasi terjadinya bencana akibat adanya peningkatan curah hujan,” ungkapnya. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: