Satu Rumah Terancam Terbawa Longsor

Satu Rumah Terancam Terbawa Longsor

CIREBON-Hujan deras membuat tebing bibir sungai Cimanis longsor, Minggu (6/2). Longsor tersebut mengancam satu rumah warga yang berdiri tepat di bibir sungai tersebut.

Rumah milik Roni warga Dusun 1 Desa Gemulung Lebak Kecamatan Greged terancam terbawa longsor. Tebing bibir sungai yang awalnya berjarak 6 meter tersebut longsor akibat hujan seharian. Saat ini rumah Roni persis di pinggir tebing sungai Cimanis, sehingga berpotensi longsor sangat besar.

Kuwu Gemulung Lebak, Aan mengatakan hujan membuat tebing terkikis air hujan. “Rumah dengan sungai yang tadinya berjarak enam meter. Kini sudah tidak ada jarak lagi. Satu rumah terencam terbawa longsor jika ada longsor susulan,” tuturnya.

BACA JUGA: Arus Sungai Deras, Tanggul di Kalijaga Bergeser

Karena rumahnya terancam terbawa longsor, sehingga menurut Aan penghuni rumah bisa langsung menyelamatkan diri.

“Kejadian untungnya sore hari. Sehingga penghuni rumah bisa diungsikan dahulu. Kalau dibiarkan tinggal di dalam rumah bisa cukup berbahaya jika longsor susulan,” ujarnya.

Meskipun rumah sudah dalam kondisi berbahaya, namun pemilik rumah enggan diungsikan. “Mereka mengira masih aman sehingga masih tetap tinggal di situ. Kami dan aparat lainnya masih siaga jika suatu waktu terjadi longsor susulan,” ungkapnya.(den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: