Camat dan Lurah Se-Kota Cirebon Sampaikan Hasil Refocusing untuk Penanganan Covid-19

Camat dan Lurah Se-Kota Cirebon Sampaikan Hasil Refocusing untuk Penanganan Covid-19

CIREBON - Para camat dan lurah se-Kota Cirebon menyampaikan hasil refocusing atau penyesuaian anggaran 2020 dan 2021 untuk penanganan Covid-19.

Hal tersebut disampaikan para camat dan lurah saat menggelar rapat kerja bersama Komisi I DPRD Kota Cirebon di ruang Griya Sawala, Senin (8/2).

Ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon, Imam Yahya mengatakan, penyesuaian anggaran tahun ini tidak lebih besar dibandingkan 2020. Menurut Imam, camat dan lurah memiliki peran penting untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.

Hal itu dilakukan guna pelaksanaan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di Kota Cirebon.

“Anggaran yang telah direfocusing ini harusnya dikembalikan ke camat dan lurah. Karena ini konteksnya untuk penanganan pandemi, termasuk persiapan PPKM mikro. Otamatis harus melibatkan camat dan lurah. Nanti kita akan sampaikan kepada Satgas Covid-19 tentang anggaran refocusing yang dikembalikan lagi ke camat, karena tujuannya sama untuk penanganan pandemi,” katanya.

Sementara, Camat Kesambi Buntoro Tirto menyebut, anggaran belanja terkena penyesuaian sebesar Rp837 juta. Kondisi demikian berimbas pada pengurangan kegiatan untuk masyarakat.

“Ini memang yang paling realistis. Kita tidak pangkas semua kegiatan, hanya mengurangi. Kegiatan pada dasarnya masih bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Lurah Kesenden, Rulianto mengaku sepakat dengan usulan Komisi I DPRD Kota Cirebon tentang keterlibatan camat dan lurah untuk menggunakan anggaran hasil refocusing. Terutama untuk penanganan pandemi.

Masyarakat sangat bersemangat untuk membantu Pemkot Cirebon dalam mengendalikan penyebaran Covid-19. Namun, lanjut dia, kondisi tersebut terbentur dengan tidak adanya anggaran.

Sarana dan prasarana untuk penunjang tidak ada. Seperti alat semprot, hand sanitizer, alat pelindung diri (APD), sabun dan lainnya.

C\"ukup dialihkan saja, sehingga anggaran bisa diarahkan untuk itu, termasuk untuk membantu keluarga pasien yang sedang isolasi mandiri,” ucapnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: