Jam 10 Malam Ini, Jalur Pengganti di KM 122 Tol Cipali Sudah Bisa Dipakai

Jam 10 Malam Ini, Jalur Pengganti di KM 122 Tol Cipali Sudah Bisa Dipakai

SUBANG – Jalur pengganti atau detour di median jalan KM 122 Tol Cikopo Palimanan (Cipali) tuntas dikerjakan dan mulai pukul 10 malam ini, Jumat (19/2/2021) mulai digunakan.

Dengan beroperasinya jalur detourdi median jalan sepanjang 400 meter di KM 122 ruas Tol Cipali, contra flow tidak diberlakukan lalu.

Lalu lintas arah Jakarta kembali normal. Pengoperasian jalur pengganti ini lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya dari 10 hari menjadi 7 hari.

Dengan beroperasinya jalur pengganti ini, secara resmi menutup contra flow sepanjang  1 kilometer. “Tidak  ada  lagi  penyempitan  baik  itu arah  Cirebon  atau  arah  Jakarta,” jelas Agung Prasetyo Direktur  Operasi  ASTRA  Tol Cipali.

ASTRA Tol Cipali, kata dia, bersinergi dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan wilayah setempat dalam penanganan arus lalu lintas dengan pengaturan dan pemasangan MCB atau pembatas jalan  yang memisahkan jalur arah Jakarta dengan arah Cirebon. 

Setelah jalur pengganti beroperasi, selanjutnya dilakukan pekerjaan  konstruksi selama kurang lebih 1,5 bulan untuk keretakan di Km 122.

Dengan mulai tahapan, sebagai berikut:

  • Pengeboran struktur shoulder pile sebagai penahan longsoran
  • Pengurugan area keretakan dengan selected material hingga top badan jalan
  • Perkerasan badan jalan
  • Pemasangan sistem drainase/saluran pengairan
  • Pemasangan aksesoris jalan seperti guardrail dan delineator. (rdh)

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: