Rutin Gelar Haul Rajaban

Rutin Gelar Haul Rajaban

CIREBON-Banyak cara mengingatkan masyarakat untuk kerap mendoakan kerabat yang tiada dan saling berbagi. Salah satunya seperti yang dilakukan RW 08 Karang Malang, Kelurahan Sunyaragi Kecamatan Kesambi melalui Haul Kinurakiman atau Rajaban.

Ketua RW 08 Karang Malang, Kelurahan Sunyaragi, Khusen SPd menuturkan, haul Kunurakiman menjadi acara rutin setiap hari Kamis malam Jumat di bulan Rajab.

Kegiatan ini menjadi adat istiadat sendiri di kampung tersebut. Kali ini kegiatan pun dibadiri oleh anggota DPR Kota Cirebon Ust Yusuf SPdI. “Rutin setiap tahun di bulan Rajab hari Kamis malam,” jelasnya.

Dijelaskan Khusen, Kinurakiman adalah tokoh masayarakat suami-istri yang merupakan tokoh awal yang ada di Karang Malang. “Dalam rangka memperingati haul keduanya, untuk mendokan tokoh masyarakat yang berjasa terhadap kampung ini. Kegiatan digelar di area pemakaman dengan mendoakan bersama,” tuturnya.

Dengan didakan di area pemakaman, diharapkan warga bisa melihat bahwa kelak setiap manusia membutuhkan orang yang mendoakan manakala telah tiada. 

Kegiatan ini, lanjutnya, dilakukan bakda Isya dengan menerapkan protokol kesehatan. Sebelumnya rangkaian kegiatan telah dimulai sejak pagi dengan membuat berbagai makanan oleh ibu-ibu. Makanan tersebut dikumpulkan dan dibagikan saat kegiatan selesai. “Ini bertujuan untuk saling berbagi, ibu-ibu membuat makanan sesuai kemampuannya, dan dibagikan secara merata kepada warga,” tukasnya. (apr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: