Soto Sumsum Betawi Lezat, Rasanya Lebih Nendang

Soto Sumsum Betawi Lezat, Rasanya Lebih Nendang

BAGI pecinta kuliner soto sumsum betawi, tidak perlu jauh-jauh datang ke ibukota Jakarta. Pasalnya, masakan yang cocok juga untuk cuca hujan ini, sudah hadir di Jalan Sultan Hasanudin Tukmudal Kecamatan Sumber, tepatnya dekat Polresta Cirebon.

Pemilik Rumah Makan Soto Sumsum Betawi, Sugiono mengatakan, soto sumsum betawi ini merupakan dua jenis menu dan disajikan dalam mangkuk berbeda, yakni menu soto betawi dan sumsum yang dituangkan dalam tulang kaki sapi.

Dijelaskan Sugiono, untuk menu soto betawi sendiri ini merupakan kuah berisi daging sapi dengan bumbu dari berbagai macam rempah-rempah. “Isi dalam soto bisa berupa daging sapi, jeroan atau campuran daging dan jeroan sapi dengan toping tomat, emping, ditambah kuah yang sudah diberi bumbu racikan yang khas,” ujarnya.

Sedangkan, untuk sumsum kaki sapi, lanjut Sugiono, akan dituangkan dengan mangkuk yang berbeda. “Sumsumnya yang berada dalam masih di dalam kaki sapi dicampur dengan kuah bening. Cara makannya, kita sedot pakai sedotan,” ungkapnya.

Menurutnya, soto sumsum betawi ini akan lebih enak dan nimat jika dimakan secara bersamaan, yakni soto dicampur dengan sumsum betawi.

Tapi, lanjutnya, soto dan sumsum betawi bisa dipesan secara terpisah. “Pesan sotonya saja bisa, pesan sumsumnya saja juga boleh. Tapi lebih enak jika dimakan secara bersamaan, rasanya akan lebih nendang dan tentunya menggugah selera makan kita,” ujarnya.

Untuk satu porsi soto sumsum betawi, dirinya menjual dengan harga Rp53 ribu. “Soto betawi harganya Rp23 ribu, dan sumsum Rp30 ribu satu porsi,” tuturnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: