Tinjau Kondisi Sungai Cimanis, Kepala BBWS: Kami Peduli

Tinjau Kondisi Sungai Cimanis, Kepala BBWS: Kami Peduli

CIREBON - Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis) kembali meninjau sungai dan bertemu warga.

Kali ini meninjau Sungai Cimanis di Desa Beringin dan Sungai Bangka Deres di Desa Rawaurip, Kabupaten Cirebon.

Kondisi Sungai Cimanis mengalami limpas dan menggerus tanggul sungai.

Kepada radarcirebon.com, Kepala BBWS Cimancis Ismail Widadi mengatakan, Sungai Cimanis bukan termasuk kewenangan BBWS Cimancis.

\"Sungai Cimanis ini bukan termasuk dari 25 sungai yang ditangani BBWS Cimancis. Karena Sungai ini dalam keadaan darurat, maka sebagai bentuk kepedulian, kami langsung datang ke sini untuk meninjau kondisinya,\" jelasnya.

\"Begitu kami ada laporan, langsung kami datang untuk mengetahui apa yang dapat kami bantu meski sungai ini bukan kewenangan kami. Jadi kami bukan bicara tanggungjawab siapa, tapi kalau ada bencana yang terdampak warga maka kami peduli. Bukannya kami akan mengambil alih,\" imbuh Ismail Widadi.

Diungkapkan Ismail, BBWS Cimancis memeliki beberapa standarisasi dalam mengatasi kondisi sungai yang rusak.

\"Langkah pertama yakni, kami melakukan survei terlebih dahulu. Jadi gerakan kami tidak grasak-grusuk Bekerja. Survei ini diperlukan untuk mengetahui apa saja yang akan dibutuhkan di lokasi. Kemudian langkah engineering yakni kami melakukan dengan menggambar kondisi di lokasi. Apa yang dibutuhkan yang ada dalam gambar situasi itu,\" ungkapnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: