22 Terduga Teroris Digiring ke Cikeas

22 Terduga Teroris Digiring ke Cikeas

JAKARTA-Sebanyak 22 terduga teroris yang ditangkap wilayah Jawa Timur tiba di Jakarta, Kamis (18/3). Mereka kemudian akan ditahan di rumah tahanan Cikeas.

Kepala Biro Penerangan masyarakat Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan 22 terduga teroris yang ditangkap di Jawa Timur tiba di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (18/3) pukul 12.15 WIB. Kedatangannya diamankan oleh sejumlah aparat Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri. “Mereka dibawa ke rumah tahanan Cikeas,” katanya, Kamis (18/3).

Dijelaskannya, 22 terduga teroris tersebut ditangkap selama operasi pencegahan dan penindakan terorisme di Jawa Timur sejak 26 Februari 2021 hingga 2 Maret 2021. Para terduga teroris tersebut diantaranya UBS alias F, TS, AS, AIH alias AP, BR, RBM, Y, F, ME, AYR, RAS dan MI. Mereka diketahui memiliki peran yang berbeda-beda dalam jaringan terorisme.

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo mengatakan 22 terduga teroris ini merupakan hasil tangkapan di Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro dan Malang. “Sementara ini yang kami dapat hasil interogasi masuk dalam kelompok JI (Jamaah Islamiyah),\" ujarnya.

Dikatakannya, para terduga teroris ini masih dalam satu keterkaitan satu sama lain. Meski demikian, dari hasil pemeriksaan sementara, mereka belum memetakan target aksi secara pasti, karena masih fokus melakukan perekrutan.

“Dan selama lima tahun mereka mendapatkan 50 orang (anggota) yang bisa dilakukan perekrutan oleh kelompok mereka ini,” katanya. (gw/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: