Vaksinasi Tahap 3 Molor, Ada Embargo Terhadap Vaksin AstraZeneca

Vaksinasi Tahap 3 Molor, Ada Embargo Terhadap Vaksin AstraZeneca

VAKSINASI tahap tiga molor. Penyebabnya karena adanya embargo terhadap produk vaksin AstraZeneca di India. Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan kemungkinan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap ke tiga akan molor. Penyebabnya karena adanya keputusan embargo dari negara India terhadap vaksin AstraZeneca di bulan April 2021.

Program vaksinasi tahap tiga yang rencananya akan dilakukan pada Mei, kemungkinan baru terlaksana pada Juni 2021. “Kalau sesuai petunjuk teknis (juknis) penanggulangan COVID-19 per tanggal 18 Februari, maka untuk tahap ke tiga dimulai Mei 2021,” katanya, Kamis (1/4).

Stok vaksin AstraZeneca sekitar 10 juta dosis untuk Indonesia terpaksa ditunda. Vaksin diperkirakan akan diterima Indonesia pada Mei 2021.

“Ada penundaan AstraZeneca di bulan April, maka kemungkinan kita akan mulai pada bulan Juni. Tapi ini masih kemungkinan, kita lihat ketersediaan vaksin,” katanya.

India merupakan pembuat vaksin terbesar di dunia yang menghentikan sementara ekspor vaksin AstraZeneca. Sebab vaksin yang diproduksi oleh Serum Institute of India (SII), akan difokuskan untuk memenuhi permintaan domestik yang meningkat.(gw/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: