Kemenkes: Stok Vaksin Covid-19 Aman

Kemenkes: Stok Vaksin Covid-19 Aman

JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menegaskan stok vaksin Covid-19 di Tanah Air masih aman. Pernyataan itu menyusul embargo dari produsen vaksin Covid-19 AstraZeneca membuat pengiriman ke Indonesia menjadi terhambat.

\"Sebenarnya kalau berbicara mengenai stok vaksin, kita cukup punya stok vaksin ya,\" ujar Nadia dalam keterangannya, Sabtu (3/4).

Nadia menjelaskan, total vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia sebanyak 57 juta dosis. “Karena dari tahap awal yang kita terima dari Sinovac maupun dari AstraZeneca itu total yang kita miliki itu adalah 57 juta dosis vaksin ya,\" terangnya.

Nadia mengatakan, bahwa sebagian vaksin sebanyak 3 juta vaksin sudah habis digunakan untuk penyuntikan tenaga kesehatan dan untuk pemberi layanan publik.

\"Artinya, di mana 3 juta dalam bentuk jadi. Sebanyak 1,1 juta itu adalah dari AstraZeneca. Dan sisanya adalah dalam bentuk bulk,\" tuturnya.

Nadia menambahkan, saat ini sudah sekitar lebih dari 20 juta dosis vaksin yang sudah terdistribusikan dan sebagian sudah disuntikkan.

\"Untuk tahap kedua yang kita sejak mulai di akhir minggu ke-4 Februari sampai saat ini sudah kurang lebih 20 juta dosis yang kita distribusikan. Dan sebagian sudah disuntikkan,\" jealasnya.

Adapun total stok yang masih tersedia, kata Nadia, yakni 23 juta dosis yang bisa digunakan selama bulan April 2021.

\"Kita sebenarnya masih memiliki kurang lebih 23 juta dosis yang kita bisa gunakan untuk selama April ini,\" pungkasnya. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: