4 Tips dan Trik Menyimpan Makanan Sisa Lebaran

4 Tips dan Trik Menyimpan Makanan Sisa Lebaran

TIDAK terasa memang setelah sebulan kita melakukan puasa kini seluruh umat Islam di dunia tengah merayakan Hari Raya Idul Fitri. Berbicara tentang Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi kebiasaan masyrakat Indonesia untuk banyak memasak, karena akan banyak keluarga yang berkumpul.

Meski tahun ini terasa sangat berbeda karena penyebaran wabah virus corona, tetapi tetap saja tradisi memasak banyak jelang lebaran tidak bisa dihilangkan.

Tapi sayang ketika sudah memasak banyak makanan yang kita buat pada akhirnya setelah lebaran akan dibuang karna tidak termakan.

Nah tipstrenners biar nggak mubazir dan terbuang begitu saja, berikut merupakan 4 tips dan trik menyimpan makanan sisa lebaran yang baik.

1. Simpan di Dalam Kulkas

Makanan yang disimpan dalam pendingin akan mencegah perkembangan biakan bakteri dan memperlambat pembusukan pada masakan sehingga lebih awet. Kalau memungkinkan, simpan makanan di dalam freezer biar jauh lebih awet.

2. Pisah Masakan Berbagai Bahan

Bila kamu memiliki banyak masakan sisa namun berbeda masakan. Jangan kamu campurkan tapi harus pintar memilahnya, misalnya berbahan dasar sapi dan berbahan dasar ayam.

3. Panaskan Kembali Sisa Masakan Hingga 75 Derajat

Untuk jenis masakan yang berkuah misalnya seperti sup atau sayur asam, harus dihangatkan sampai 75 derajat celcius atau sampai hangat dan mengepul.

4. Bagikan Makanan Kepada Tetangga atau Orang Lain

Nah yang lebih baik dilakukan yakni berbagilan dengan tetangga atau orang lain, karena dengan cara ini makanan tidak akan terbuang percuma. Bahkan yang ada kamu akan mendapatkan pahala loh tipstrenners.(tipstren)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: