Setelah Dicoba Soimah

Setelah Dicoba Soimah

Suami Fatia memang, juga, kelahiran Jogja. Anda sudah tahu siapa beliau: Hersri Setiawan. Kini 85 tahun.

Beliau adalah seniman, penulis, dan aktivis kebudayaan. Hersri sembilan tahun ditahan di Pulau Buru —bersama, antara lain, sastrawan Pramoedya Ananta Toer. Tanpa diadili.

Hersri dianggap terlibat pemberontakan G-30-S/PKI. Ia adalah ketua Lekra Jateng —lembaga kebudayaan yang berafiliasi ke Partai Komunis Indonesia.

Tidak lama setelah keluar dari Pulau Buru, Hersri hidup di Belanda. Sendirian. Istri Hersri sudah meninggal 18 tahun sebelumnya. Saat itu Fatia juga lagi kuliah di Belanda. Keduanya kemudian menikah di masjid di Amsterdam.

Hersri melahirkan banyak karya tulis. Termasuk yang terkenal berjudul Negara Madiun?.

Dengan latar belakang seperti itu, Fatia memang tidak lagi takut apa pun. Ia akan terus memperjuangkan korban kekerasan Mei 98 dan kekerasan mana pun terhadap perempuan. Termasuk kekerasan serupa terhadap wanita Aceh, Timtim, dan Papua.

Tapi, yang dilakukan Harjanto di Semarang agak berbeda. Lewat rujak pare dan sambal jombrangnya itu.

\"Realistis saja, sulit untuk mendapat pengakuan pemerintah soal kebenaran Mei 98. Yang seperti itu tidak hanya di Indonesia. Pun di Amerika,\" ujar Harjanto.

Ia juga menyadari setiap pergantian kekuasaan selalu ada korban. Besar maupun kecil. Apalagi, Mei 98 adalah pergantian dari kekuasaan mutlak yang panjang.

Maka, Harjanto memilih mencari pengakuan dari hati nurani masyarakat saja. Lewat rujak pare dan sambal jombrangnya itu. (dahlan iskan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: