Ngeri! 279 Juta Data Warga Indonesia Bocor, Dijual Online di Situs Hacker, Ada NIK sampai Gaji

Ngeri! 279 Juta Data Warga Indonesia Bocor, Dijual Online di Situs Hacker, Ada NIK sampai Gaji

JAKARTA - Data 279 juta warga negara Indonesia diduga bocor dan dijual di forum hacker Raid Forums. Namun belum diketahui, bagaimana data itu bisa didapatkan.

Kebocoran terkait data itu, diinformasikan akun Twitter @ndagels. Yang mengunggah tangkapan layar cuitan sosok bernama Kotz.

Disebutkan bahwa data yang bocor itu memuat informasi sangat lengkap. Data penduduk Indonesia yang bocor dan dijual di internet itu meliputi informasi penting, mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, alamat, nomor telepon, bahkan soal gaji.

Sebagai bukti informasi itu valid, akun tersebut memberikan bocoran hingga 1 juta data sebagai sampel untuk dites. Bahkan dia memberikan tautan berserta pasword untuk membuka file dalam bentuk zip itu.

Data itu, tercantum hanya sebesar 51 MG. Namun, terkait validitas data itu masih perlu dibuktikan.

Namun, salah seorang waganet mengaku file berbentuk zip itu valid. \"Ternyata beneran. Sebagian nama dicek legit loh, ada akun FB, IG, Ask FM-nya. Dan kocaknya ada data orang-orang era 1920-an. \"Tapi merinding sih 279 juta bocor, ini yang free 1 juta data,\" tulis salah seorang warganet.

\"Dude its real, ada gw wkwkwkwk. Tapi no hape masih data 2014, data darimana yaa?\" tulis warganet lainnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) langsung merespons terkait dugaan 279 juta data penduduk Indonesia bocor dan dijual di forum hacker Raid Forums.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengungkapkan saat ini Kominfo tengah mengusut kasus tersebut. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: