Toko dengan Nama Unik di Cirebon, Jodoh Sejati hingga Rujuk

Toko dengan Nama Unik di Cirebon, Jodoh Sejati hingga Rujuk

Sejumlah toko di Kota Cirebon punya nama unik dan bisa dibilang legendaris. Dari Jodoh Sejati, Jodoh, hingga Rujuk. Bagaimana sejarah mereka?

RADAR Cirebon menemui pemilik dari toko-toko dengan nama-nama unik ini. Mereka menceritakan makna di balik nama usahanya.

Siapa tak kenal Toko Rujuk? Lokasinya tepat di belokan pertigaan ke Jl Lawanggada. Toko seragam dan perlengkapan sekolah yang sudah didirikan sejak 1970.

Pemilik toko seragam di kawasan tersebut, Michael menuturkan, usaha toko seragam ini dirintis kakeknya. Kepengurusannya sudah ada di generasi kedua.

Dalam penamaan itu, ada harapan tersembunyi. Yakni guna menguatkan tali persaudaraan dengan para kerabatnya. Supaya senantiasa rujuk.

“Kakek saya pelopor bisnis seragam. Adik dan suadara ikutan. Usahanya sama. Jadi biar usaha sama, bersaing, tapi rujuk,” tutur Michael, kepada wartawan Radar Cirebon.

Toko Seragam Gajah Mada, Kampus, Jodoh dan Jodoh Sejati rupanya berkerabat dengan Toko Rujuk. Harapan yang terkandung di nama Rujuk itu, rupanya bertuah.

Meskipun berbisnis yang sama, namun tetap rujuk dan kompak juga bersaing secara sehat.

Dari nama itu, Michael yang notabene generasi kedua, tahu betul perjuangan sang kakek dalam membangun usaha. Mulai dari menjual pakaian biasa secara berkeliling. Lambat laun punya toko. Punya konveksi sendiri.

Proses pembuatan seragam yang ada di Toko Rujuk pun dibuat langsung di konveksi milih sendiri.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: