Aksi Kolaborasi Wujudkan Cirebon Bersih

Aksi Kolaborasi Wujudkan Cirebon Bersih

CIREBON Bersih menjadi salah satu visi Pemerintah Daerah Kota Cirebon dibawah kepemimpinan Drs H Nashrudin Azis SH dan Dra Hj Eti Herawati. Karena itu, seluruh elemen memiliki tanggungjawab kolektif mewujudkannya. Langkah nyata dilakukan untuk menyelesaikan persoalan. Termasuk aksi kolaborasi antar SKPD bersama masyarakat.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon bersama Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DSPPPA), membersihkan sampah di wilayah Argasunya dan sekitar TPA Kopiluhur. “Jangan membuang sampah sembarangan. Kita bersama-sama menjaga wilayah dari sampah,” pesan Kepala DLH Kota Cirebon, Kadini SSos.

Peran masyarakat sangat penting dalam mewujudkan Cirebon Bersih. Untuk itu, DLH terus sosialisasi dan melakukan langkah nyata bersama masyarakat hingga tingkat RW. Tujuannya, agar ada kebersamaan dalam menangani sampah. Terlebih, tema utama kinerja Pemda Kota Cirebon tahun 2022 adalah pemberdayaan masyarakat. “Kita mulai dari sekarang. Tahun depan terpola sistem kerjasama dengan masyarakat,” terangnya.

Kepala DSPPPA Kota Cirebon Dra Santi Rahayu MSi menyampaikan, sampah bersentuhan langsung dengan masyarakat. Lingkungan yang bersih, menyehatkan dan nyaman. Pihaknya, mendukung penuh program DLH terkait pengelolaan sampah habis di tingkat RW sebagai bentuk nyata pemberdayaan masyarakat. Terlebih, kata Santi, pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu tupoksi DSPPPA Kota Cirebon. (ysf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: