Korban Sipil Berjatuhan, Pertempuran Taliban-Afghanistan Kembali Terjadi setelah Penarikan Pasukan AS

Korban Sipil Berjatuhan, Pertempuran Taliban-Afghanistan Kembali Terjadi setelah Penarikan Pasukan AS

AFGHANISTAN - Hafiz Mohammad Akbar hanya bisa meratapi nasib. Dia dan seluruh keluarganya terpaksa meninggalkan rumah mereka di Kandahar, Afghanistan, karena serangan Taliban. Kini rumahnya diambil alih oleh kelompok oposisi yang berdiri sejak 1994 tersebut.

”Mereka (Taliban, red) memaksa kami pergi. Saya dan 20 anggota keluarga saya kini tinggal di kamp tanpa toilet,” ujar Hafiz seperti dikutip Agence France-Presse.

Kandahar dulu adalah markas Taliban saat mereka berkuasa pada 1996–2001. Ada 650 ribu penduduk yang tinggal di sana. Itu adalah kota terbesar kedua setelah Kabul. Taliban agaknya ingin menguasai kembali kota tersebut. Belakangan ini pertempuran di Kandahar kian intensif.

”Pertempuran telah membuat 22 ribu keluarga di Kandahar kehilangan tempat tinggal dalam sebulan terakhir,” ujar Kepala Departemen Pengungsi Kandahar Dost Mohammad Daryab.

Penduduk pindah dari distrik yang sedang dijadikan arena pertempuran ke area yang lebih aman. Pemerintah setempat telah membuat kamp-kamp pengungsian. Total penduduk yang mengungsi ke kamp sudah mencapai 154 ribu orang.

Wakil Gubernur Kandahar Lalai Dastageeri menuding kelalaian aparat keamanan, utamanya polisi, yang membuka jalan bagi Taliban untuk menyerang. ”Kami sekarang berusaha untuk menata kembali pasukan keamanan kami,” ujarnya.

Sejak awal Mei, pertempuran terjadi di beberapa kota di Afghanistan. Kandahar hanyalah salah satunya. Itu terjadi setelah penarikan pasukan AS dari negara tersebut. Saat ini hampir separo di antara sekitar 400 distrik di Afghanistan sudah jatuh ke tangan Taliban.

Penduduk sipil pun menjadi korban. PBB melaporkan, sekitar 2.400 penduduk sipil Afghanistan tewas ataupun terluka pada Mei dan Juni. Mereka adalah korban pertempuran antara Taliban dan pasukan keamanan Afghanistan. Angka itu adalah rekor tertinggi sejak PBB mencatat angka korban pertempuran di negara tersebut pada 2009 lalu.

Misi Pendampingan PBB untuk Afghanistan (UNAMA) menyebut, ada 5.183 korban sipil pada Januari–Juni tahun ini. Sebanyak 1.659 di antaranya tewas. Itu meningkat 47 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Jika serangan Taliban di berbagai penjuru negeri tidak dihentikan, warga sipil yang tewas bakal mencapai rekor tertinggi selama lebih dari dari satu dekade.

”Saya mohon pada para pemimpin Taliban dan Afghanistan untuk memperhatikan lintasan konflik yang suram dan mengerikan ini serta dampaknya yang menghancurkan terhadap warga sipil,” tegas Kepala UNAMA Deborah Lyons, Senin (26/7).

Lyons mengungkapkan, lebih dari separo korban tewas dan luka selama Mei dan Juni adalah perempuan serta anak-anak. Kenyataan itu membuat miris banyak pihak. Sebab, pembicaraan damai antara Taliban dan pemerintah Afghanistan juga belum membuahkan hasil.

Di sisi lain, Taliban menampik laporan UNAMA tersebut. Dalam pernyataannya, Taliban menegaskan bahwa selama 6 bulan terakhir mereka tidak menyerang warga sipil dengan sengaja. Mereka juga tidak melakukan serangan yang bisa berdampak pada warga sipil.

Meski begitu, temuan Human Rights Watch (HRW) menambah kuat data PBB. Mereka menemukan bukti bahwa Taliban berbuat kejam pada warga sipil di daerah yang mereka kuasai. Salah satunya, di Spin Boldak yang berbatasan dengan Pakistan. Kota strategis itu mereka rebut awal bulan ini.

Juru Bicara Pasukan Keamanan Afghanistan Ajmal Omar Shinwari mengungkapkan, sekitar 400 orang penduduk Spin Boldak telah diusir dari rumahnya oleh Taliban. Sekitar 100 orang di antaranya telah tewas. Tidak diketahui bagaimana nasib 300 orang sisanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: