Beri Akses Keluhan Bagi Pelanggan
CIREBON - XL berkomitmen memberi layanan terbaik bagi pelanggan. Memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN) beberapa waktu lalu, XL Center Region menyelenggarakan acara khusus bertema “Untukmu Pelanggan”. Acara berlangsung di seluruh XL Center di Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan Yogyakarta. “Kami mengundang pelanggan dan memberi kesempatan untuk memberi kritik, saran membangun untuk meningkatkan kualitas layanan XL. Tak lupa kami juga beri apresiasi pada sejumlah pelanggan istimewa,” kata VP XL Axiata Central Region, Nuruddin Al Fithroh, dalam siaran pers kepada Radar, kemarin. Dia menjelaskan sebagai perusahaan telekomunikasi yang mengedepankan kualitas layanan, XL berprinsip bahwa pelanggan bukan hanya konsumen pengguna produk. Lebih dari itu merupakan kelompok masyarakat yang harus diapresiasi loyalitanya, ditanggapi dengan cepat keluhannya serta dipenuhi kebutuhan telekomunikasinya. Pihaknya juga senantiasa beradaptasi dengan kemajuan teknolgi melalui inovasi salah satunya melayani keluhan pelanggan melalui sosial media. Seiring perkembangan teknologi ke arah layanan data, lanjut dia, Customer Service (CS) XL melakukan penyesuaian antara lain dengan membuka XL XPLOR sebagai sarana pelanggan dan masyarakat untuk mendapat edukasi dan experience layanan data XL dalam bentuk apapun. Kini XL memiliki dua gerai XL XPLOR di Senayan City dan Central Park, Jakarta. “Rata-rata ada 800 kunjungan setiap hari. Kami juga punya XL Care untuk pelanggan yang aktif dijejaring sosial,” ujarnya. Pelanggan yang menghubungi call center akan diarahkan sesuai device yang dimiliki (layanan yang dikeluhkan). Pihaknya juga menyediakan gadget untuk membekali CS dengan informasi gadet dan layanan data. Di XL Center juga menyediakan gadget expert yang cakap memberi solusi soal gadget. Kini XL memiliki 112 XL Center yang tersebar seluruh wilayah Indonesia. Nuruddin menambahkan guna mengukur tingkat kepuasan konsumen pelanggan atas layanan CS, XL melakukan survei berkala. Hasilnya cukup menggembirakan karena terjadi peningkatan nilai kepuasan pelanggan dari tahun ke tahun. Secara ratio jika dibanding jumlah pelanggan yang meningkat, jumlah keluhan yang dterima menurun. “Rata-rata keluhan yang dterima per hari sekitar 0,02 persen dari total pelanggan XL,” pungkasnya. (tta)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: