Memanfaatkan CCUS, Cara PLN Capai Target Ini

Memanfaatkan CCUS, Cara PLN Capai Target Ini

Pemanfaatan CCUS dalam pembangkit listrik memastikan karbon ditangkap untuk digunakan kembali sebelum masuk ke atmosfer.

Baca juga: Olah Sampah Jadi Energi, Pemprov Jabar Targetkan TPPAS Lulut Nambo Beroperasi Akhir 2021
 
“CCUS juga dapat menyerap kembali karbon yang telah masuk ke atmosfer, jadi teknologi ini melengkapi pembangkit EBT lainnya, tidak saling bertentangan,” ungkap Lipponen.

Dalam mencapai target bauran energi dan Net Zero Emission, PLN pun terus menggenjot pembangkit yang bersumber dari EBT. Sebagai informasi, dari total kapasitas di Indonesia sekitar 63 GW pada tahun 2020, capaian EBT sudah mencapai 7,9 GB atau sekitar 13,7 persen.

PLN akan mulai mempensiunkan generasi pertama PLTU (subcritical) pada 2030 dan dilanjutkan pada tahun berikutnya, sehingga pada 2060 seluruh PLTU digantikan pembangkit berbasis EBT.

Di samping itu, beberapa pembangkit yang sudah berjalan akan dikonversi dengan menggunakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, Seperti implementasi program co-firing.

Strategi lainnya terus dijalankan PLN, termasuk pengkajian teknologi CCUS, memasifkan penggunaan kendaraan listrik, hingga mengkonversi pembangkit listrik primer tenaga diesel dan batu bara dengan pembangkit EBT secara bertahap. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: