Pengorbanan PNS Kehilangan Tukin Tak Sia-sia, Gerindra: Ekonomi Melejit

Pengorbanan PNS Kehilangan Tukin Tak Sia-sia, Gerindra: Ekonomi Melejit

JAKARTA – Pegawai Negeri Sipil alias PNS tidak mendapatkan tunjangan kinerja atau tukin. Pemerintah memutuskan tidak memasukan tukin dalam pemberian THR dan gaji ke-13 PNS.

Anggaran tukin dialihkan untuk membantu program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021. Maka, dana tunjangan kinerja sebesar Rp12,4 triliun tidak terdistribusi sebagai bagian dari THR dan gaji ke-13.

Dana Tukin kemudian dialihkan untuk refocusing anggaran tahap kedua 2021 untuk memperkuat program PEN.

Dimana, anggaran PEN 2021 mencapai Rp744,75 triliun. Alokasi PEN mencakup klaster kesehatan, perlindungan sosial, program prioritas, dukungan UMKM,dan korporasi, serta insentif usaha.

Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan megungkapkan, pengorbanan PNS kehilangan tukin tidak sia-sia. Kontribusinya untuk meringankan beban negara sangat besar.

“Dapat disimpulkan, tidak adanya Tukin sebagai salah satu unsur dalam THR dan gaji ke-13 merupakan bentuk pengorbanan dan sekaligus konstribusi para PNS untuk meringankan beban negara,” imbuh Hergun (sapaan akrabnya).

Diketahui, alokasi anggaran untuk THR dan gaji ke-13 PNS pada 2021 mencapai Rp60 triliun. Dimana, alokasi untuk THR sebesar Rp30 triliun dan alokasi untuk gaji ke-13 sebesar Rp30 triliun.

Baca juga:

Potret Sebelum dan Sesudah RW 05 Pengampaan, Tempat Kunjungan Jokowi di Kota Cirebon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: