SMA Santa Maria Buktikan Mental Juara

SMA Santa Maria Buktikan Mental Juara

CIREBON - Prestasi ditorehkan siswa SMA Santa Maria 1 Cirebon. Tidak hanya level daerah, tapi juga tingkat Provinsi Jawa Barat dan nasional. Adalah Vienna Patricia Susilo, meraih juara pertama Speech Contest Tingkat Jabar yang digelar IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 7-8 September 2021.

Kemudian, Robert Nicholas Xiejotthi, meraih juara harapan tiga Lomba Matematika pada ajang Gebyar Matematika ke-36, 21-30 Agustus 2021, yang digelar Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon.

Tidak hanya itu, siswa lainnya, yakni Nelson Nicholas William Wijaya, meraih medali perunggu Advanced Science Olimpiad (ASO) Tahun 2021 yang digelar 17-18 Juli 2021, oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) Bidang Kebumian Tingkat SMA.

Selanjutnya ada Stefanus Billie Orvin, peraih medali emas fisika di ajang Indonesia Students Science Competition yang digelar Indonesia Students Trainning Centre (ISTC) tingkat nasional yang digelar pada tanggal 4-11 April 2021. Tidak hanya itu, di ajang yang sama, Stefanus Billie Orvin meraih medali emas bidang fisika, 12 September 2021, digelar oleh ISTC tingkat nasional.

Di ajang Kompetsi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P) Jawa Barat, lima siswa SMA Santa Maria 1 Cirebon juga lolos, 13-15 September 2021. Kelima siswa tersebut di antaranya, bidang fisika diikuti oleh Nova Nathania Muljohartono dan Stefanus Billie Orvin. Cabang lomba informatika diikuti oleh Edbert Halim, bidang matematika diikuti Robert Nicholas Xiejotthi dan cabang astronomi diikuti Olga Cahyani Rebecca Aquilera.

Peraih juara pertama Speech Contest Tingkat Jabar Vienna Patricia Susilo merasa bangga setelah bersaing ketat, dengan peserta dari sekolah lain yang memiliki ketenangan, serta pernah tinggal di Australia. Namun Vienna berhasil membuktikan diri menjadi yang terbaik.

Vienna saat babak pertama, memilih tema pandemi. Kemuidian lolos ke babak kedua, mengambil tema cyber bullying dan akhirnya menang juara pertama. “Tidak menyangka karena lawannya lebih tenang dan pernah tinggal di Australia,” ujarnya.

Sementara itu, Stefanus Billie, peraih medali emas bidang fisika, mengaku mendapat pembinaan secara rutin dari guru-guru Santa Maria. Termasuk persiapan lomba secara online.

Bahkan kemarin, dirinya mengikuti KSN-P Tingkat Jawa Barat. Dia mengerjakan tujuh soal esay. Dirinya membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam untuk bisa menyelesaikannya. Billie mengalami kesulitan. Tingkat kesulitannya adalah menguji logika, nalar, kemampuan membaca soal, dan mengolah data. Hingga soal-soalnya unik. “Soal-soalnya jadi menguji kemampuan diri kita,” tegasnya.

Kepala SMA Santa Maria 1 Cirebon, Drs Ongko Sumedi mengapresiasi kemampuan siswanya yang memiliki mental juara. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai capaian prestasi yang membuat keluarga besar SMA Santa Maria 1 Cirebon merasa bangga. “Ini capaian luar biasa, mereka mampu menunjukkan diri memiliki mental juara,” tandasnya.

Ongko menambahkan, saat ini Santa Maria telah membuka pendaftaran PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Early Bird, mulai 9 September-20 November 2021. Pendaftar gelombang pertama akan mendapatkan seragam kotak Dominikus hingga diskon 20 persen.

“Bagi yang ingin mendaftarkan putra-putrinya, mulai TK, SD, SMP dan SMA, bisa datang langsung ke panitia PPDB di Kompleks Pendidikan Santa Maria,” pungkasnya. (abd/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: