PPKM Level Diperpanjang, Uji Coba Anak di Bawah 12 Tahun Boleh ke Mall di Beberapa Kota Ini

PPKM Level Diperpanjang, Uji Coba Anak di Bawah 12 Tahun Boleh ke Mall di Beberapa Kota Ini

JAKARTA - Pemerintah kembali memutuskan PPKM Level diperpanjang. Namun, diberlakukan uji coba untuk anak 12 tahun ke bawah boleh masuk ke mall.

Uji coba ini, berlaku di beberapa kota seperti DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta dan Surabaya.

Menko Marinves, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pelonggaran ini dikarenakan kasus covid-19 di Indonesia semakin terkendali.

Saat ini, angka reproduksi covid-19 ada pada angka 0,98 atau tiap satu orang, menulari 0,98 orang lainnya. \"Ini pertama kalinya di Indonesia selama pandemi covid-19,\" ujar Luhut, dalam konferensi pers virtual yang diikuti radarcirebon.com, Senin (20/9/2021).

Luhut menambahkan, presiden telah memberikan arahan agar tetap super waspada. Karenanya, PPKM level tetap akan diperpanjang mulai 21 September hingga 4 Oktober 2021.

Terkait kasus covid-19, saat ini positivity rate berada di bawah 2 persen atau di bawah standar WHO. Hal ini mengindikasikan pandemi covid-19 di Indonesia telah terkendali.

Sementara hari ini, terjadi penambahan kasus baru 1.932 dan kasus aktif 57 ribu. Pemerintah berusaha menjaga penambahan kasus aktif agar terkendali di bawah 2.700 hingga 3.000 per hari.

\"Angka ini kerja keras semua tim. Tetap presiden mengingatkan kami, untuk kita semua super waspada,\" tandasnya.

Luhut menyampaikan, saat ini tidak ada lagi kabupaten kota di level 4, di Jawa Bali.

Tapi, Presiden dalam rapat tadi pagi mengingatkan agar tetap hati-hati. Sebab, banyak negara mengalami kenaikan kasus setelah pelandaian.

\"Risiko peningkatan kasus tinggi, terutama dari luar negeri. Kita tidak mau kecolongan,\" katanya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: