Ekonomi RI Diperkirakan Tumbuh 5 Persen di 2022

Ekonomi RI Diperkirakan Tumbuh 5 Persen di 2022

KEPALA Ekonom Bank Dunia Kawasan Asia Timur dan Pasifik, Aaditya Mattoo menyatakan, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 diperkirakan mampu tumbuh mendekati 5 persen.

“Kami sangat optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan bisa mendekati 5 persen,” kata Mattoo dalam World Bank East Asia and Pacific Economic Update Briefing, Selasa (28/9/2021).

Menurut Mattoo, faktor yang mendorong ekonomi Indonesia akan mampu tumbuh mendekati 5 persen adalah berbagai upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi covid-19.

“Indonesia memilih pendekatan yang bersifat hybrid yakni menerapkan pengetatan terhadap mobilitas untuk menangani kesehatan namun sekaligus tetap berusaha menopang perekonomian,” ujarnya.

Di sisi lain, kata Mattoo, program vaksinasi turut menjadi faktor dalam mendorong perekonomian karena pemulihan sangat bergantung pada kekebalan tubuh masyarakat.

“Program vaksinasi yang terus dipercepat dan diakselerasi sekaligus masifnya upaya tracing, testing dan treatment sekaligus kampanye jaga jarak turut menjadi aspek dalam memulihkan ekonomi,” terangnya.

Meski demikian, Mattoo mengingatkan masih terdapat beberapa tantangan bagi Indonesia termasuk mengenai vaksinasi yakni pemerataan serta anggarannya mengingat negara ini memiliki jumlah penduduk yang banyak dan tersebar luas.

“Ini adalah negara yang sangat terdesentralisasi sehingga mereka harus mampu melakukan lebih banyak hal untuk mengatasi terkait distribusi dan menghadapi anggaran vaksinasi,” pungkasnya. (fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: