Batuk Darah

Batuk Darah

Pengobatan batuk darah disesuaikan dengan penyebabnya. Beberapa jenis pengobatan batuk darah meliputi pemberian antibiotik untuk infeksi paru-paru seperti tuberkulosis dan pneumonia; pemberikan steroid bila disebabkan oleh radang; terapi operasi dan atau radiasi atau kemoterapi jika batuk darah disebabkan oleh kanker paru-paru; embolisasi pembuluh darah bronkial bila batuk darah terjadi akibat perdarahan didalam pembuluh darah; serta bronkoskopi untuk mengatasi batuk darah dengan mengembangkan balon di dalam jalan nafas agar perdarahan berhenti.

Seseorang yang menderita batuk darah masif dapat kehilangan darah dalam jumlah banyak (syok hypovolemia), sesak nafas dan anemia, sehingga diperlukan penanganan intensif di rumah sakit.

  • Bagaimana Cara Mencegah Batuk Darah?

Batuk darah dapat dicegah dengan mencegah penyakit penyebabnya. Beberapa perilaku yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan diantaranya menjaga ventilasi udara di rumah tetap baik, rajin mencuci tangan, menutup mulut ketika batuk, tidak merokok, dan menerapkan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi buah dan sayur serta berolahraga secara teratur. (*)

Oleh: dr Enggar (RS Paru Sidawangi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: