Ledakan Bom di Masjid Syiah Afghanistan, 100 Orang Lebih Tewas

Ledakan Bom di Masjid Syiah Afghanistan, 100 Orang Lebih Tewas

JUMLAH korban tewas akibat ledakan bom yang menerjang masjid di Kota Kunduz, Afghanistan pada Jumat (8/10) bertambah menjadi lebih dari 100 orang. Sejumlah video memperlihatkan jasad manusia yang berlumuran darah tergeletak dengan puing-puing masjid yang kerap digunakan komunitas Syiah di Afghanistan.

\"Informasi awal mengindikasikan lebih dari 100 orang tewas dan luka akibat bom bunuh diri di dalam masjid,\" kata PBB melalui kicauan di Twitter.

Dikutip kantor berita Politik RMOLJabar, aksi mata menuturkan bom meledak ketika salat Jumat tengah berlangsung di masjid tersebut.

Hingga kini, belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas insiden mematikan tersebut.

Serangan terjadi empat hari setelah insiden bom serupa menerjang masjid di Ibu Kota Kabul hingga menewaskan lima orang. ISIS-Khorasan mengklaim bertanggung jawab atas teror tersebut.

Kelompok ISIS-K memang terus menggencarkan serangan setelah Taliban menguasai Afghanistan dari pemerintahan sebelumnya.

Kelompok ISIS-K, musuh bebuyutan Taliban, dilaporkan mempunyai markas di Provinsi Nangarhar dan Provinsi Khorasan.

Pada Agustus lalu kelompok ISIS-K mengaku bertanggung jawab atas serangan bom di Bandara Internasional Hamid Karzai, yang menewaskan 169 warga Afghanistan dan 13 anggota Korps Marinir Amerika Serikat.

Kejadian tersebut berlangsung beberapa hari sebelum tentara AS dan sekutu resmi angkat kaki setelah dua dekade menginvasi Afghanistan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: