Maulid Nabi, Keraton Kanoman Cirebon Bersiap Gelar Pelal

Maulid Nabi, Keraton Kanoman Cirebon Bersiap Gelar Pelal

CIREBON – Memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, Keraton Kanoman Cirebon bakal menggelar tradisi Panjang Jimat (Pelal).

Malam puncak tradisi Maulid Nabi SAW (Muludan) di Keraton Kanoman, biasanya disebut dengan malam Pelal Ageng/Panjang Jimat

Patih Keraton Kanoman Cirebon Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran ditemui radarcirebon.com di Keraton Kanoman mengungkapkan, tradisi panjang jimat atau Pelal di Keraton Kanoman akan dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2021.

\"Jadi tradisi tahunan panjang jimat ini kami gelar di Keraton Kanoman. Untuk pelaksanaan pada pukul 21.00 WIB. Tradisinya tidak berubah, arak-arakan dari langgar alit Keraton Kanoman menuju ke masjid di Keraton Kanoman tetap ada, kemudian ada pembacan surat barjanji. Dan nasi jimat pun nanti kami bagikan kepada Abdi Dalem dan masyarakat,\" ungkapnya, Minggu (17/10/2021).

Dijelaskan Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran, panjang jimat adalah acara inti memperingati kelahiran Rasulullah SAW.

“Pelal Ageng/ Panjang Jimat adalah iring-iringan nasi jimat yang diletakan di atas piring panjang rosul, diiringi piring panjang suku (sahabat) yang di dalamnya mengandung banyak keutamaan (fadhilah). Sehingga malam itu disebut Pelal Ageng, yakni malam yang bersejarah dalam sejarah manusia dan alam semesta serta mengandung banyak keutamaan,\" jelasnya.

Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran menegaskan, tradisi Panjang Jimat hanya ada di Keraton Kanoman.

\"Ya saya menyatakan bahwa acara di bulan Maulud ini tradisi panjang jimat atau Pelal Ageng di Cirebon itu hanya ada di Kesultanan Kanoman Cirebon,\" pungkasnya.(rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: