Walikota Lakukan Peletakan Batu Pertama Shelter PMKS

Walikota Lakukan Peletakan Batu Pertama Shelter PMKS

CIREBON - Setelah melalui proses panjang dalam pengajuan anggaran, pembangunan shelter bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) bisa dimulai. Sebelumnya, pembangunan shelter sempat gagal karena anggaran yang sudah disiapkan di tahun 2020 lalu, harus terkena refocusing.

Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH secara resmi melakukan peletakan batu pertama pembangunan fondasi shelter, yang dibangun tepat di belakang kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cirebon tersebut. Dari informasi yang berhasil dihimpun, melalui proses lelang secara online, pembangunan shelter PMKS dilaksanakan oleh CV Anggrek Lestari, dengan anggaran sebesar Rp736.500.000.

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cirebon menjadi SKPD yang menggawangi pembangunan shelter PMKS. Di mana, melalui surat perjanjian kerja dengan Nomor: 09/ SP/ PPK/ R.Singgah/DPUTR/ 2021, pembangunan akan dilaksanakan dalam waktu 87 hari kalender.

Kepala Dinas Sosial, Santi Rahayu mengaku sangat bersyukur, karena pembangunan shelter PMKS yang selama ini diperjuangkan, bisa dimulai. \"Kita sempat deg-degan, karena sempat ada info proyeknya ini gagal lelang. Tapi alhamdulillah pembangunannya bisa dimulai,\" ungkap Santi.

Pembangunan di tahun 2021 ini, lanjut Santi, adalah pembangunan awal. Karena lahan yang minimalis, maka akan ada pembangunan tahap kedua.

\"Mudah-mudahan pelayanan kita terhadap PMKS bisa dilaksanakan maksimal setelah fasilitas ini hadir. Pak Walikota sudah mengatakan akan mengupayakan untuk tahap selanjutnya,\" kata Santi.

Sementara itu, Azis mengatakan, Dinas Sosial selama ini sudah berjuang maksimal untuk menyelesaikan persoalan sosial yang terjadi di Kota Cirebon. Namun, kehadiran fasilitas berupa rumah singgah, atau shelter bagi PMKS, menjadi satu kebutuhan yang mendesak. Sehingga, Pemkot Cirebon mengupayakan perencanaannya, agar bisa dibangun tahun ini.

\"Saya bersyukur, Dinas Sosial memiliki semangat luar biasa untuk mengatasi persoalan sosial. Dinsos mengupayakan pembangunan fasilitas pendukung, dan kita upayakan,\" ujar Azis. (abd/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: