Pengurus Masjid Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas dari LP2M IAIN

Pengurus Masjid Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas dari LP2M IAIN

BREBES - IAIN Syekh Nurjati melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Syekh Nurjati Ciebon melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas pengurus DKM se-Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui program pengabdian kepada masyarakat dibawah naungan Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat.

Pelatihan dilaksakan dengan pemateri dari Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Jawa Barat dan Sekretaris DKM at Taqwa Kota Cirebon.

Peserta platihan terdiri atas 42 peserta perwakilan dari 11 DKM di masjid-masjid yang ada di Kecamatan Losari.

Pelatihan peningkatn kapasitas pengurus DKM dilaksanakan di masjid Al Mabrur Desa Karangdempel Kecamatan Losari Kabupaten Brebes.

Menurut Kepala Urusan Kesejahteraan (Kaur Kesra) Desa Karangdempel, Asep, pelatihan ini dapat memberikan ilmu tentang kepengurusan masjid kepada masyarakat dan diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon melalui Sekretaris LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Hj Ery Khaeriyah MA menyampaikan, penyelenggaraan pelatihan merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi bagian pengabdian kepada masyarakat, di samping pengajaran dan penelitian.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan tentang manajemen masjid sehingga masjid dapat memberikan fungsi yang maksimal.

Sejauh ini masjid berfungsi lebih banyak sebagai tempat ibadah, padahal masjid memiliki potensi sosial, budaya dan ekonomi yang dapat dikembangkan sebagaimana jaman Rasulullah.

Pelatihan peningkatan kapasitas pengurus DKM dilaksanakan dengan dua sesi materi.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: