Alandra Salvira Raih Emas dan Perak di Olimpiade SSC

Alandra Salvira Raih Emas dan Perak di Olimpiade SSC

CIREBON - Siswi XI IPA 1 SMAK Penabur Cirebon, Alandra Salvira berhasil membawa pulang medali emas dan perak dalam Olimpiade Social Science Competition (SSC) 2021 yang dihelat secara online pada 22 Agustus lalu.

SSC merupakan Olimpiade level nasional dengan e-sertifikat dan e-piagam yang telah menggunakan barcode dan qualified. Nilai hasil ujian dalam SSC juga terdaftar di kementerian. Selain itu, setiap peserta akan mendapatkan sertifikat seminar nasional.

Alandra Salvira mengikuti dua kategori perlombaan sekaligus: Sejarah dan Matematika. Bidang studi Sejarah, dia berhasil meraih medali emas. Di bidang Matematika, Alandra memeroleh medali perak.

\"Capaian ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan. Terkhusus buat Salvira dan SMAK Penabur Cirebon. Selamat buat Salvira. Tuhan Yesus memberkati,\" tutur Kepala SMAK Penabur Cirebon, Gunawan, Selasa (16/11).

Menjadi juara, bagi Salvira bukan sesuatu yang instan. Butuh persiapan sebelum Olimpiade itu berlangsung. Dia mengisi waktu dengan belajar. Termasuk mempersiapkan mental dengan semaksimal mungkin. \"Dan utamakan kejujuran. Karena tidak ada gunanya juga kan gelar apabila tanpa dilandasi kejujuran,\" katanya.

Saat pelaksanaan, Salvira tak luput dari tantangan dan kendala yang dialami. Karena dilaksanakan daring, katanya, gangguan sering terjadi pada jaringan internet. Sehingga tak jarang akses sesekali tersendat. Serta kendala ketika login saat akan mengakses situs. \"Kadang karena rasa deg-degan juga, jadi soalnya kelihatan sulit,\" ungkap dia.

Meski begitu, semua bisa dilalui. Hasil maksimal. Salvira merasa bangga atas capaian yang telah diraih. Dia berharap melalui dua medali yang dipersembahkan untuk sekolah itu, bisa menjadi motivasi siswa dan siswi lain dalam berprestasi.

Orang tua Salvira, Theny Jane, juga mengaku sangat merasa senang. Theny berterima kasih kepada SMAK Penabur Cirebon. \"Karena berkat bimbingannya, anak saya bisa menemukan potensi di dalam dirinya secara maksimal. Yaitu memiliki pendidikan karakter yang baik, percaya diri, dan lingkungan pergaulan yang baik,\" pungkas Theny. (ade/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: