Pemkot Cirebon Setiap Hari Gelar Vaksinasi

Pemkot Cirebon Setiap Hari Gelar Vaksinasi

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Cirebon terus melakukan upaya vaksinasi kepada masyarakat Kota Cirebon dengan memaksimalkan tenaga yang ada, mulai dari Dinkes, Polres Cirebon Kota, dan Kodim 0614/SGJ. Bahkan, pendirian sentra vaksinasi hingga pelaksanaan vaksinasi di masing-masing rumah pun dilakukan oleh Pemkot Cirebon.

Hasilnya, sampai tanggal 18 November 2021, total vaksinasi dosis pertama di Kota Cirebon telah mencapai 253.565, atau sekitar 96,71 persen dari target. Sementara untuk dosis kedua sudah berjumlah 182.043 atau sekitar 69,43 persen dari target.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon mengungkapkan pihaknya menerapkan beberapa strategi untuk mempercepat laju vaksinasi di Kota Cirebon. Misalnya dengan vaksinasi rutin yang dilakukan setiap hari dengan target 100 dosis vaksin.

“Kita targetkan 100 vaksin per hari di masyarakat. Dan kita kolaborasi juga dengan Polres Ciko menambah 100 dosis vaksin per hari lengkap dengan vaksinatornya,” jelasnya.

Lebih lanjut Gusmul –sapaan akrab sekda—pemkot juga melakukan strategi dengan menetapkan sentra-sentra vaksinasi di Kota Cirebon bersama dengan organisasi, LSM, hingga pelaku usaha untuk melakukan akselerasi.

“Sehingga kita harapkan masyarakat dapat mudah mendapatkan vaksin. Kita tidak batasi hanya untuk warga kota saja. Tapi Kabupaten sekitar 18 persen juga ikut divaksin. Ada yang bisa mendaftar melalui online juga,” ungkap Gusmul.

Upaya lainnya adalah pelaksanaan vaksinasi door to door kepada lansia dan masyarakat. “Kita permudah akses dengan mendekatkan vaksin kepada masyarakat. Sehingga, para lansia bisa lakukan vaksinasi. Bahkan, anggota polres juga ikut turun untuk membantu lansia vaksin. Kita kejar itu semuanya,” katanya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Pamitran, dr Toat Ma’ruf mengungkapkan, pihaknya setiap hari melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat Kecamatan Kejaksan, ataupun masyarakat Cirebon pada umumnya. Namun pelaksanaan tersebut dikelompokkan dalam beberapa hari.

“Untuk Senin dan Rabu kita adakan vaksinasi dari pukul 8 sampai selesai. Dan itu sudah mulai kita buka untuk masyarakat umum. Namun selain hari itu kita mulai pukul 9.30 WIB tapi untuk warga Kecamatan Kejaksan,” pungkas Toat.

Pelaksanaan vaksinasi itu merupakan langkah untuk mencakup lebih banyak masyarakat lagi. Selain itu juga, setiap posyandu yang ada di bawah Puskesmas Kejaksan melaksanakan vaksinasi. “Kita lakukan terus. Bahkan terjun langsung ke rumah-rumah bagi lansia yang tidak mampu berjalan. Sudah kita jadwalkan dengan Satgas Covid-19 Kejaksan,” jelasnya.

Untuk kondisi saat ini, total sekitar 96-97 persen warga Kejaksan telah dilakukan vaksinasi, khususnya untuk dosis pertama. Namun ke depannya, pihaknya juga akan terus mengejar untuk dosis keduanya. “Targetnya kita kunjungan door-to-door tetap ditingkatkan. Selain itu, di sisi lain target dosis kedua kita targetkan tercapai juga sama dengan vaksinasi pertama,” pungkas Toat. (jrl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: