RS Sumber Kasih Edukasi Ibu Hamil lewat Seminar

RS Sumber Kasih Edukasi Ibu Hamil lewat Seminar

CIREBON – Seribu hari pertama kehidupan merupakan waktu yang paling penting dalam perjalanan hidup manusia. Dimulai sejak masa kandungan (hamil), hingga usia dua tahun. Karenanya, perlu ada perhatian lebih, bagi ibu hamil dan ibu yang telah melahirkan. Hal itu diungkapkan dr Amelia Suganda SpOG saat menjadi pembicara seminar kehamilan persalinan dan seribu hari pertama kehidupan yang digelar Rumah Sakit Sumber Kasih di Swissbel Hotel, Sabtu (20/11).

Lebih jauh Amelia menjelaskan, dalam rentang waktu tersebut, yang paling penting adalah nutrisi untuk ibu hamil dan anak hingga berusia dua tahun. Terkait problem kehamilan, menurut Amelia, cukup beragam. Pencegahnnya perlu dilakukan skrining dan pemantauan bidan agar dapat mengantisipasi problem-problem saat hamil.

Amelia membeberkan, problem ibu hamil biasanya darah tinggi, dan faktor risiko pendarahan saat melahirkan. Ini bisa dicegah ketika dilakukan skrining sebelum melahirkan.

“Kematian ibu melahirkan, faktor baling banyak adalah pendarahan, baik saat kehamilan maupun pasca melahirkan,” kata Amelia.

Selain itu, bisa juga karena tensi ibu hamil tinggi. Tensi tinggi juga, dan kejang, bisa menyebabkan kematian pada ibu melahirkan.

Sementara itu, dr Hj Betty Bursyah SpA dalam pemaparannya menjelaskan, hitungan seribu hari pertama kehidupan itu dimulai dari 270 hari selama pembuahan sampai bayi lahir dan 730 hari setelah dilahirkan.

Karena itu, kata Betty, waktu itu sangat penting. Bukan hanya setelah lahir saja, tapi mulai hamil sampai dua tahun, setelah dilahirkan, itu merupakan periode emas. Usia tersebut, jangan disia-siakan. Harus dilakukan deteksi dini. Kemudian, dilakukan stimulasi dan pemberian nutrisi yang seimbang.

Direktur RS Sumber Kasih dr Lucia Dewi Puspitasari MM mengatakan, pihaknya ingin menjadi keluarga. Perjumpaan ini tidak hanya saat dirawat di rumah sakit,  tapi bisa bertemu di acara seminar seperti kemarin. Menurut Lucia, yang sedang hamil atau merencanakan kehamilan, bisa konsultasi dengan dr Amelia Suganda. Bagi yang ingin konsultasi tentang anak, bisa dengan dr Betty Bursyah. “Silahkan bertanya lebih dekat dengan Bu  Amel dan Bu Betty,” ungkapnya.

Peserta yang mengikuti seminar melalui screening swab. Ini bagian dari komitmen untuk menerapkaan protokol kesehatan secara ketat. Meski sudah Level 1, tapi prokes tetap harus diterapkan secara ketat. (abd/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: