Ratusan Rumah Terendam Banjir Rob

Ratusan Rumah Terendam Banjir Rob

CIREBON-Ratusan rumah dari lima blok di Desa Ambulu Kecamatan Losari terendam banjir rob pada Selasa subuh (30/11). Banjir rob setinggi 25 centimeter ini memang menjadi langganan di Desa Ambulu.

Kuwu Desa Ambulu, Sunaji mengatakan air pasang dari laut mulai naik kedaratan sekitar Subuh dan surut jam 8.30 WIB.

Menurut Sunaji ada ratusan rumah di desanya yang terendam banjir rob. “Total ada lima blok yang terdampak banjir rob, empat blok total terkena dan satu blok hanya sebagian saja,” ungkapnya.

Diakui Sunaji, desanya menjadi langganan banjir rob. “Saya sudah sampaikan ke pemda namun herannya tidak ada penanggulangan,  ketika banjir rob terus saya laporkan, yang hadir tagana untuk mendata, namun tim teknis untuk mengatasi langganan banjir ini tidak ada,” katanya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Ambulu, Tamsur mengatakan banjir rob sudah menjadi langganan di Desa Ambulu. “Diasanya sekali banjir rob bisa terjadi sampai tiga hari berturut-turut. Misalkan hari Selasa ini terjadi rob, nah besok sampai lusa pagi ada rob lagi,” tuturnya.

Menurut Tamsur, rob terjadi karena terlalu lebarnya pintu muara Ambulu. “Kalau robkan dari laut sehingga kalau muara Ambulu sempit maka air rob tidak mungkin banyak yang masuk kedaratan, sedangkan ini muara ambulu cukup lebar sehingga air laut jelas banyak yang masuk kemuara dan akhirnya ke daratan,” ujarnya. (den)

https://youtu.be/t88k1buKUHQ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: