Guru Seni dan Budaya Diedukasi Senjata Pusaka Cirebon

Guru Seni dan Budaya Diedukasi Senjata Pusaka Cirebon

CIREBON - Ratusan guru seni dan budaya se-Kabupaten Cirebon mendapatkan edukasi melalui seminar gaman atau senjata pusaka Cirebon yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon.

Adapau tujuan kegiatan tersebut agar para guru bisa memahami gaman atau senjata pusaka Cirebon dalam hal ini keris.

Seminar gaman tersebut dilaksanakan selama dua hari (4-5/12/2021) dan berlangsung di museum pangeran Cakrabuwana Kabupaten Cirebon.

\"Seminar gaman Cirebon ini, karena keris menjadi salah satu objek pemajuan kebudayaan yang perlu dipelajari pengetahuan dan teknologi tradisional,\" kata Momon Saptaji selaku Kasie Cagar Budaya dan Permusiuman Disbudpar Kabupaten Cirebon kepada radarcirebon.com, Sabtu (4/12/2021).

Diharapkan, pusaka atau senjata keris ini tidak hanya dipahami oleh pihak budayawan atau sejarawan, namun masyarakat umum dan generasi muda harus memahaminya.

Momon menuturkan, seminar tersebut menghadirkan para pembicara yang memiliki ilmu dan keahlian di bidang gaman atau keris.

\"Edukasi dan seminar ini diharapkan kekayaan budaya serta peninggalannya di Kabupaten Cirebon bisa tetap terjaga. Dan setelah seminar gaman Cirebon ini, para guru seni budaya bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuannya untuk bisa diajarkan kembali kepada anak didiknya di sekolah,\" pungkasnya. (rdh)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: