Hari Disabilitas Internasional Tingkat Kota Cirebon Berlangsung Meriah

Hari Disabilitas Internasional Tingkat Kota Cirebon Berlangsung Meriah

CIREBON - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cirebon mempunyai komitmen yang kuat dan nyata dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap permasalahan penyandang disabilitas. Serta penguatan komitmen untuk mewujudkan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas di Kota Cirebon.

Hal ini tampak dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2021 di kota Cirebon yang dilaksanakan oleh Dinsos bersama dengan bank bjb Cabang Cirebon sebagai mitra yang dilaksanakan mulai tanggal 17 November hingga 3 Desember 2021. Temanya adalah “Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel, dan Berkelanjutan Pasca Covid-19”.

Rangkaian kegiatan HDI  berupa bantuan alat kepada penyandang disabilitas. Serta kegiatan bakti sosial lainnya. Selain bjb Cabang Cirebon, beberapa lembaga seperti Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesi (PPDI) maupun liposos yang ada di Kota Cirebon, terlibat aktif dalam kegiatan tersebut.

Dengan tetap memperhatikan prokes dan suasana pandemi Covid-19, rangkaian dimulai 17 November dengan kegiatan bakti sosial berupa kerja bakti dan kegiatan donor darah oleh jejaring Dinsos. Seperti pendamping keluarga harapan (PKH), Tagana, Motekar, pekerja sosial (peksos), TKSK dan lain-lain. Kegiatannya membersihkan lingkungan Loka Bina Karya (LBK) Dinsos yang merupakan rumah kreatif dan produktif bagai penyandang disabilitas. Maupun di lingkungan sekitar kantor. Produk-produk disabilitas seperti penjahitan baju, kue-kue maupun produk kebutuhan masyarakat lainnya, diproduksi oleh rekan disabilitas di LBK Dinsos tersebut.

Bersama dengan Kementerian Sosial RI, Dinsos Kota Cirebon menyerahkan bantuan atensi kepada penyandang disabilitas dari berbagai ragam disabilitas. Baik fisik, sensorik, mental, intelektual, dan ganda. Para penerima bantuan atensi disabilitas sebelumnya telah dilakukan asesmen kebutuhan yang dilakukan oleh kepala UPT Liposos, PP dan LBK Astawi. Bersama pendamping disabilitas Kemensos Nakiah Dimitri Kertanegara, diberikan bantuan kepada 60 orang penerima manfaat (PM). Selain alat terapi, nutrisi dan obat-obatan juga diberikan kepada PM.

Semangat kewirausahaan dan kebersamaan yang sejak lama telah dikembangkan dalam komunitas disabilitas di Kota Cirebon juga mulai memperlihatkan hasil nyata. Semangat untuk berbagi kepada lansia maupun anak yatim diperlihatkan oleh penyandang disabilitas melalui kegiatan berbagi yang dilakukan di lksa Muawanah (Kelurahan Harjamukti) dan LKS Hasanah (Kelurahan kalijaga).

Sebagai rangkaian acara puncak peringatan HDI di Kota Cirebon, dilaksanakan kegiatan pentas seni dan pemberian bantuan alat disabilitas, 3 Desember 2021 di halaman Dinsos Kota Cirebon.

Wali Kota Cirebon Drs H Nashrudin Aziz SH melalui Kepala Dinas Sosial Kota Cirebon Dra Santi Rahayu MSI didampingi Sekretaris Drs Tris Prayudi memberikan motivasi kepada para disabilitas untuk selalu optimis. Dengan keterbatasan yang dimiliki, harus menjadi penyemangat dan tidak boleh menjadi hambatan untuk berperan aktif di masyarakat, juga senantiasa berkarya dan produktif.

Beberapa alat bantu yang diberikan berupa alat bantu dengar, kursi roda, tongkat netra, tongkat piramid, tongkat ketiak dan tongkat putih. Pada kesempatan tersebut juga tampil secara apik para disabilitas yang menampilkan Tari Sintren dan Tari Merak secara gemulai. Acara semakin meriah dengan penampilan energik band The Surga’s yang terdiri dari Ahmad Razi (drum), Koko (keyboard) dan Halimah Lorobessy (vokalis) membawakan beberapa lagu yang sangat menghibur dan menyentuh hati para undangan dan rekan disabilitas. (abd/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: