Kampung Donor Griya Caraka Donasi 58 Labu Darah

Kampung Donor Griya Caraka Donasi 58 Labu Darah

CIREBON – Warga Griya Caraka dan beberapa komunitas yang tergabung dalam Kampung Donor Griya Caraka kembali melaksanakan donor bersama PMI Kabupaten Cirebon, Minggu (12/12). Bertempat di Klinik Mata Inderatama RW 08 Griya Caraka Desa Kalikoa Kecamatan Kedawung, sebanyak 76 peserta donor berpartisipasi dan terkumpul 58 kantung darah.

Iqbal Kadafi selaku inisiator Kampung Donor Griya Caraka menyampaikan kegiatan donor ini merupakan yang keempat kalinya setelah tahun kemarin terbentuk kampung donor. “Seharusnya kegiatan ini diselenggarakan pada bulan Agustus kemarin, namun karena masa PPKM akhirnya baru terlaksana sekarang. Alhamdulillah warga Griya Caraka sangat antusias dalam kegiatan kemanusiaan ini. Dan saya ucapkan terima kasih kepada Paguyuban Urang Sumedang di Cirebon (Payung Suci ) dan komunitas Radio Antar Penduduk (RAPI) yang sudah ikut menjadi peserta donor,” ungkapnya kepada Radar, kemarin.

Salah seorang pendonor yang mengaku baru pertama mendonorkan darahnya Tita asal Kuningan mengaku mengetahui ada kegiatan donor di Griya Caraka dari instagram Radar Cirebon. Dirinya sangat antusias untuk mendonor karena sudah beberapa kali mencoba gagal terus akibat dari HB nya yang selalu rendah.

“Setelah saya lihat di IG Radar Cirebon ada info pelaksanaan donor, saya mempersiapkan diri dengan sering berolahraga supaya HB saya bagus dan bisa donor, dan Alhamdulillah saya berhasil donor hari ini,” jelas wanita berkacamata ini.

Ketua Payung Suci Mohammad Dany Jaelani yang hadir dan menjadi peserta donor mengungkapkan keterlibatan komunitasnya dalam Kampung Donor Griya Caraka merupakan rangkaian dari HUT Payungsuci yang pertama. Menurut Dany, pihaknya selama ini sering terlibat dalam acara sosial kemanusiaan dan untuk donor merupakan yang pertama bagi Payungsuci.

Dalam acara tersebut juga ada penyerahan dan pemasangan kaki palsu kepada dua orang warga Desa Kalikoa yang membutuhkan. Donasi kaki palsu tersebut diberikan oleh Sinergi Foundation yang merupakan salah satu pendukung program Kampung Donor Griya Caraka. Kedua orang yang menerima adalah Miad dan Sugiarto. “Saya berterimakasih atas diberikannya kaki palsu ini, saya sangat terbantu. Saya jadi bisa ikut menghadiri lagi acara seperti kondangan pernikahan,” ungkap Miad sambil tersenyum.

Sementara petugas PMI Kabupaten Cirebon Sumarmo menyatakan bangga dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh warga perumahan Griya Caraka. “PMI siap jika dibutuhkan turun baik ke desa atau komplek-komplek perumahan seperti di Caraka ini. Saya salut dengan pak RW Teddy yang bisa mendorong warganya melakukan hal positif seperti ini. Terus terang di tingkat RW hanya di sini saja, biasanya untuk kampung donor adanya di tingkat desa,” tukas Sumarmo. (asd/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: